Helo Indonesia

Bawaslu Pesawaran Rakor Publikasi dan Dokumentasi Pemilu 2024

Herman Batin Mangku - Nasional -> Politik
Rabu, 7 Februari 2024 21:58
    Bagikan  
BAWASLU
Helo Lampung

BAWASLU - Rakor Bawaslu Pesawaran (Foto Rama/Helo)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesawaran menggelar rapat koordinasi (Rakor) publikasi dan dokumentasi pengawasan tahapan kampanye pada Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024.

Koordinator Divisi Pencegahan Pelanggaran, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kabupaten Pesawaran Abdul Muthalib mengatakan, Bawaslu salah satu tugasnya adalah pencegahan terkait pelanggaran dan sengketa pemilu

"Untuk itu kampanye ini memerlukan keterlibatan masyarakat dalam mengawasi kampanye, termasuk politik uang," kata Mutholib saat membuka rakor publikasi dan dokumentasi pengawasan tahapan kampanye pada Pemilu 2024, di Hotel Kyriad M2 Bandarlampung, Rabu (7/2/2024).

Menurutnya, jika langkah-langkah sudah kita lakukan namun tidak diindahkan maka kita ambil langkah penanganan pelanggaran pemilu.

Ia juga menjelaskan, rapat koordinasi bertujuan menyampaikan perkembangan kampanye jelang Pemilu 2024.

"Seperti kita ketahui bersama, bahwa kampanye sedang berlangsung hingga 10 Februari 2024, kemudian masa tenang hingga pelaksanaan pemilihan pada 14 Februari," jelasnya.

Diketahui berdasarkan data kerawanan pemilu yang dirilis Bawaslu RI pada Tahun 2023 lalu, Provinsi Lampung menempati urutan kedua wilayah rawan politik uang menyusul Maluku Utara di urutan pertama.

"Maluku Utara angka indeks kerawanan 100, sedangkan Lampung angka indeks kerawanan 55-56, kemudian Jawa Barat angka indeks kerawanan 50," pungkasnya. (Rama)

 - 

Tags