Helo Indonesia

Usai Debat Cawapres Akun Instagram Gibran Diserbu Netizen, Banyak yang Membuli ada yang Membela

Senin, 22 Januari 2024 09:23
    Bagikan  
AKUN GIBRAN
tangkapan laga @gibran_rakabuming

AKUN GIBRAN - Akun Cawapres Gibran, Raka Buming Raka diserbu netizen, Senin (22/1/2024)

HELOINDONESIA.COM - Akun instagram putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka yang juga menjadi Cawapres pasangan Capres Prabowo Subianto mendapat perhatian dari netizen, Senin (22/1/2024).

Dalam unggahannya di akun Instagram @gibran_rakabuming, Gibran memasang foto dirinya saat istirahat usai debat di arena debat Cawapres yang digelar KPU di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024).

Dalam postingannya itu Gibran mengunggah dirinya saat makan pisang dengan menuliskan status "Mumpung lagi iklan, asupan gizi dulu," tulisnya dalam unggahan itu.

Baca juga: Cuma Nyengir, Ketika Pertanyaan Gibran Dibilang Ngawur dan Recehan Sama Prof Mahfud MD

Unggahan Gibran dalam debat kedua ini langsung mendapatkan rekasi dari ribuan netizen yang memberikan berbagai macam komentarnya.

Selama 12 jam kemudian unggahan itu mendapat ratusan ribu respon dari netizen dengan memperoleh like sebanyak 306 ribu dan dikomentari netizen sebanyak 22.290 komentar, Senin (22/1/2024) pukul 8:47 WIB.

Unggahan Gibran di akun isntagram ini mendapat tanggapan berbagai macam komentar baik pro maupun kontra, sebagian membuli Gibran dan Sebagian justru sebaliknya.

Baca juga: TKN 02: Kampanye Prabowo-Gibran Sepi, Gorengan Buzzer Recehan

Namun komentar muncul lebih banyak didominasi kekecewaan bahkan bulian terhadap Gibran dalam kekecewaannya menyampaikan debatnya malam itu.

Akun instagram @rio_priantoro, juga menyampaikan kritikan pedas ini debat level negara bukan sekelas cerdas cermat.

"Gibran yang debat, gua yang malu????tolong mas, ini kan debat level negara, jangan kasih pertanyaan sekelas cerdas cermat, ga level dengan Prof. Mahfud dan cak imin, mana maen tebak2an mulu????," tulis dia.

Baca juga: Cak Imin Slepet 02 di Debat Cawapres: Ada yang Punya Lahan 500 Ribu Hektar, Nasib Petani Diabaikan

Meski demikian ada beberapa akun yang memujinya seperti dalam unggahan @lilikfebriyanto: "Mantapp.. keren mas.. bahasa nya mudah dimengerti.. langsung to the point," tulis @lilikfebriyanto.

Namun unggahan @lilikfebriyanto justru menuai polemik di antara netizen yang saling berdebat sendiri ada yang marah karena mengatakan Gibran terbukti kosong.

@c0nan.edogawa_007: "@lilikfebriyanto wkwkwkwk cabut IUP ilegal? gibran terbukti kosong.apapun temanya hilirisasi jawabnya hahahhaha kena slepet," tulisnya.

Baca juga: Alat Canggih ini Mau Dipakai Roy Suryo Ungkap Suara Misterius Saat Gibran Debat Cawapres

Polemik di antara para netizen hingga memberikan respon pro kontra di antara mereka hingga menimbulkan like sebanyak 7.555 dengan 112 balasan komentar.

Ada komentar lain yang juga tidak menyukai penampilan Gibran malam itu, misalnya unggahan instagram @kairin.4.0, mengungkapkan ketidak sukaannya penampilan Gibran dalam aksi debat itu.

"Yang bilang anak muda bangga sama gibran. Berarti secara ga langsung kalian bilang kalau kalian itu mendukung orang yang jelas2 menghalalkan segala cara biar mendapatkan kekuasaan. Jadi pemilih yang cerdas dong," tulis @kairin.4.0.

Baca juga: Jelang Debat Cawapres, Presiden Jokowi Mengaku Tak Beri Masukan Khusus untuk Gibran

Tak hanya netizen seorang politisi dan penyanyi terkenal seperti Sigit Purnomo Syamsuddin Said atau Phasa Ungu yang juga memberikan komentarnya.

Tiga jam setelah Gibran memposting aktivitas dirinya saat debat Cawapres bersama Mahfud MD, dan Muhaimin Iskandar mendapat respon dari akun @Pashaungu_vm.

Dalam komentarnya vokalis Band Ungu, Pasha ini memberikan komentarnya @pashaungu_vm: ini dia!✊????????," tulis akun @pashaungu_vm.

Baca juga: KPU Tetapkan Lokasi dan Jadwal Debat Cawapres

Unggahan dari @pashaungi_vm ini ternyata mendapat respon negatif dari para netizen yang lainnya dengan nada sinis.

Hampir komentar dari komen @pashaungu memberikan komentar tentang etika saat berdebat dengan contestan yang lain bersama Mahfud MD dan Muhaimin Iskandar.

Salah netizen mengkritik masalah attitude dari Gibran Rakabuming Raka saat berdebat yang digelar malam itu.

Baca juga: Ganti Panelis untuk Debat Cawapres, Begini Alasan KPU

Akun @ahamidah_: "@rizsstudioo apakabar debat capres kemarin, sipaling attitude haha," tulisnya.

Namun tak lama kemudian komentar itu mendapatkanrekasi dari @kianaliza93.

"@rizsstudioo panas y bos liat debat tadi .. klo mengedepankan etika mbok yaa diem aja. Inget etika mas ????," tulisnya.

Yang pasti jika kita membicara komentar dari netizen tentang pasangan calon Presiden Indonesia ini tidak akan ada habisnya.

Baca juga: Link Streaming Debat Capres Cawapres 21 Januari 2024, Tayang Sekarang!

Debat cawapres 2024 pada Minggu (21/1/2024) malam itu membahas soal isu Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

Selain keramaian penonton di lokasi debat, JCC Senayan, Jakarta, debat cawapres 2024 juga ramai menjadi topik bahasan netizen di ruang maya.

Salah satu yang disoroti adalah strategi Gibran yang terus-menerus melempar serangan ke dua kandidat lainnya, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dan Mahfud MD.

Baca juga: Mahfud MD Minta Kaum Milenial dan Gen Z Jangan Percaya Jabatan Cawapres itu Ban Serep

Misalnya saja, Gibran menuduh Cak Imin menyontek catatan saat memberikan pemaparan soal isu pertanian dan kelangkaan pupuk.

Selanjutnya, saat membahas soal inflasi hijau (green inflation), Gibran mengatakan Mahfud MD tak menjawab pertanyaannya.

Ia bahkan melakukan personifikasi seperti orang yang mencari-cari dengan meletakkan tangannya ke atas jidat.

Baca juga: Ditarik Prabowo saat Debat Cawapres, Bahlil: Saya sama Pak Prabowo Hubungan Abang Adik

Gibran menyebut bahwa ia mencari-cari jawaban dari Mahfud tetapi tak ketemu.

Gibran juga berkali-kali mengulang soal Cak Imin yang melihat catatan dan Mahfud dituding mengantuk saat debat cawapres 2024.

Serangan-serangan Gibran tersebut viral dibahas di media sosial. Banyak istilah-istilah baru yang masuk trending topic. **