Helo Indonesia

Cak Imin Ingin Bangun 40 Kota Selevel Jakarta, Ridwan Kamil: Gak Realistis, IKN aja Dihalang-halangi

Sabtu, 23 Desember 2023 14:44
    Bagikan  
Ridwan Kamil
ist

Ridwan Kamil - Cak Imin ingin membangun 40 kota selevel dengan Jakarta mendapatkan respon dari Pakar Perkotaan, Ridwan Kamil

HELOINDONESIA.COM - Pernyataan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2, Muhaimin Iskandar atau yang lebih akrab disapa Cak Imin mengungkapkan ingin membangun 40 kota baru selevel dengan Jakarta mendapatkan banyak reaksi dari berbagai pihak.

Keinginan Cak Imin itu diungkapkan ketika debat Cawapres 2024 yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di JCC, Jumat (22/12/2023).

Awalnya, Cak Imin ditanya oleh panelis mengenai strategi untuk menyiapkan instrumen fiskal dalam mengatasi masalah perkotaan, seperti transportasi publik, sampah, dan kawasan kumuh.

Menurutnya, agar tidak terjadi penumpukan penduduk dalam satu perkotaan, maka pembangunan perkotaan harus merata di berbagai tempat dan akan membangun 40 kota baru selevel dengan jakarta.

Baca juga: Selama 2023, BBPOM di Semarang Tutup Seratusan Toko Online Penjual Produk Pangan Ilegal

“Kami memiliki satu tekad bahwa di dalam pemerintahan yang akan datang, minimal harus dibangun 40 kota baru yang selevel dengan Jakarta,” ungkap Cak Imin.

Selain itu, kota-kota tersebut akan diberikan sarana dan prasarana untuk memberikan kenyamanan penduduknya.

“Dengan kemampuan menampung jumlah penduduk, memberi sarana prasarana yang memadai, sekaligus kemampuan untuk terjaganya lingkungan yang memungkinkan untuk sehat.”

Keinginan Ketua Umum Partai PKB itu mendapatkan respon dari Ridwan Kamil yang juga merupakan pakar perkotaan.

Mantan Gubernur Jawa Barat itu menilai bahwa rencana dari Cak Imin itu tidak realistis.

"Menurut saya sih tidak realistis ya. Untuk menjadi Jakarta saja butuh 75 tahun kan prosesnya, dimana ekonomi terpusat di sana," kata Ridwan Kamil usai menyaksikan debat Cawapres, di JCC, Jumat (22/12/2023).

Baca juga: Itel Luncurkan HP 5G Pertamanya di Indonesia, Itel P55 5G Dijual Cuma Rp 1 Jutaan

Ridwan Kamil menegaskan bahwa kalau gagasan itu hanya ingin meningkatkan kapasitas kota-kota masih realistis, namun, jika ingin selevel dengan Jakarta itu tidak realistis.

"Kalau setara Jakarta tidak realistis,"tegasnya.

Selain itu, pria yang akrab disapa Emil itu menyebut jika berkampanye harus dengan penuh akal sehat serta menjanjikan sesuatu yang bisa dieksekusi.

"Kita mau ngejar Jakarta versi IKN aja, IKN nya malah dihalang-halangi oleh narasi-narasinya. Jadi agak bertentangan dengan apa yang dinarasikan dan saya sebagai sosok yang sedikit mempunyai keilmuan di bidang perkotaan menurut saya itu tidak realistis," tandasnya.