Helo Indonesia

Bawaslu Tanggamus Ajak Wartawan Sinergis Awasi Pemilu 2024

Nabila Putri - Nasional -> Politik
Minggu, 3 Desember 2023 17:56
    Bagikan  
Bawaslu Tanggamus Ajak Wartawan Sinergis Awasi Pemilu 2024

Ketua Bawaslu Tanggamus Najih Mustofa ketika memaparkan pentingnya wartawan dan media ikut melakukan pengawasan pelaksanaan Pemilu 2024 (Foto Hadi/Helo)

LAMPUNG,HELOINDONESIA.COM -- Bawaslu Kabupaten Tanggamus mengajak terbangunnya sinergitas dengan lembaga profesi wartawan dalam pengawasan Pemilu 2024 pada "Rapat Koordinasi Sinergitas Bawaslu dan Lembaga Media" di Hotel Gisting, Kecamatan Gisting, Kabupaten Tanggamus, Sabtu (2/12/2023).

Alasan Ketua Bawaslu Tanggamus, Najih Mustopa, pihaknya memiliki personal yang sangat terbatas, hanya lima komisioner tingkat kabupaten, tiga tingkat kecamatan, satu tingkat pekon, ditambah satu untuk tingkat tempat pemungutan suara (TPS).

"Dengan keterbatasan personel tersebut, kami sangat membutuhkan dukungan dari berbagai stakeholder, baik masyarakat dan termasuk peran serta media untuk meminimalisir pelanggaran yang di lakukan oleh peserta pemilu," katanya.

Baca juga: Pemkot Semarang Klarifikasi Soal Polemik Pengadaan Motor Rp 8 M untuk Lurah

"Kita awasi bersama Pemilu 2024," tandasnya pada acara yang juga dihadiri para komisioner, panwaslu, Dewan Pengawas Pemilu (DPP), dan lembaga profesi wartawan sekabupaten setempat.

Najih Mustopa mempersilahkan para awak media mendokumentasikan melalui foto maupun video serta konfirmasi langsung yang bersangkutan dimuat dalam pemberitaan medianya jika menemukan adanya dugaan pelanggaran oleh peserta pemilu.

Tak terkecuali, baik itu capres, cawapres, caleg DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi mau pun DPRD kabupaten, para wartawan bisa membantu pengawasan lewat profesi dan medianya.

Tak hanya media, masyarakat pun bisa melaporkan jika terjadi dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh peserta pemilu. "Kita tindaklanjuti dan jika benar ada unsur pelanggaran yang dilakukan maka akan kita tindak sesuai tingkat pelanggarannya," ujarnya.

Baca juga: Tentara Gemoy


Jika ada unsur pidana, Bawaslu akan kerja sama dengan pihak penegak hukum dalam hal ini kepolisian dan kejaksaan demi terciptanya pemilu yang bersih.

Najih Mustopa juga siap menerima saran dan kritik dari rekan-rekan media buat bahan evaluasi. Dia juga berterimakasih atas kehadiran para wartawan pada acara Rapat Koordinasi Sinergitas Bawaslu dan Lembaga Media di Kabupaten Tanggamus.
(Hadi Haryanto)