Helo Indonesia

3 Paslon Capres-Cawapres Tandatangani Pakta Integritas Pemilu 2024 Damai

Drajat Kurniawan - Nasional -> Politik
Senin, 27 November 2023 17:20
    Bagikan  
Kampanye Damai
Foto : Heloindonesia

Kampanye Damai - deklarasi kampanye damai Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (27/11/2023).

HELOINDONESIA.COM - Tiga pasangan Calon Presiden (Capres) dann Calon Wakil Presiden (Cawapres) membacakan naskah deklarasi kampanye damai Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (27/11/2023).

Pantauan di lokasi, pembacaan naskah itu dipimpin oleh Ketua KPU RI Hasyim Asyri dan diikuti oleh tihga pasangan capres-cawapres. Ada tiga poin yang ditekankan dalam deklarasi kampanye damai.

"1. Mewujudkan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, dan adil,

2. Melaksanakan kampanye pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoaks, tanpa politisasi sara, dan tanpa politik uang, 

3. Melaksanakan kampanye pemilu berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Hasyim yang diikuti tiga paslon.

Setelah membacakan deklarasi kampanye damai, satu per satu pasangan capres-cawapres menandatangani plakat knmpanye damai Pemilu 2024 di KPU RI.

Baca juga: Masa Kampanye Dimulai Besok, Mahfud Dijadwalkan Kunjungi Sabang Aceh Ujung Barat Indonesia

Pasangan pertama yang tanda tangan adalah Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Kemudian, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming. Terakhir, yakni Ganjar Pranowo-Mahfud MD

Usai ketiga paslon tersebut, ketua parpol peserta Pemilu 2024 secara bergantian turut menandatangani plakat yang sama. Terakhir plakat yang sama juga ditandatangani oleh perwakilan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

Sebagai informasi tiga paslon capres-cawapres akan memulai kampanye pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kampanye dilakukan selama 75 hari. Kemudian, pencoblosan capres-cawapres akan berlangsung pada 14F ebruari 2024.