Helo Indonesia

Bawaslu Pesawaran Ingatkan Kontestansi Politik Tertib

Nabila Putri - Nasional -> Politik
Rabu, 22 November 2023 19:59
    Bagikan  
Bawaslu Pesawaran Ingatkan Kontestansi Politik Tertib

Para partai politik deklarasi politik tertib (Foto Rama/Helo)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesawaran minta kepada para kontestasi politik tertib mengingat masa kampanye pada Pemilu 2024 ini berjalan singkat.

Hal tersebut dikatakan oleh Ketua Bawaslu Pesawaran, Fatihunnajah saat Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2024 di Saug Djunjungan Desa Sukabanjar Kecamaan Gedongtataan, Rabu (22/11/2023).

Fatih mengatakan, pada tahun-tahun pemilu sebelumnya, masa kampanye berlangsung selama 120 hari, namun pada 2024 akan berlangsung selama 75 hari.

“Ya, untuk pertama kalinya pemilu berlangsung singkat, jadi parpol memiliki waktu selama 75 hari untuk mulai masa kampanye. Masa kampanye akan dimulai pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024,” kata Fatih.

Baca juga: Wali Kota Eva Serahkan Bantuan buat Korban Bencana dan Anak Sakit

Ia mengatakan, karena masa kampanye berlangsung singkat, diharapkan para peserta pemilu untuk tertib, tidak melakukan money politik (pokitik uang), tidak melakukan ujaran kebencian serta tidak berpolitik SARA yang dapat memecah belah persatuan masyarakat, terkhusus di Kabupaten Pesawaran.

"Dalam mengawasi pemilu, kami telah menyiagakan baik Panwascam dan PKD untuk bersiap. Bawaslu Pesawaran memiliki sebanyak 33 Panwascam yang tersebar di 11 kecamatan. Kemudian ada 148 PKD yang siap mengawasi sampai dengan tingkatan desa yang ada di Pesawaran," ujarnya.

Baca juga: HUT ke-53 Korpri, Pemkab Lambar Gelar Gerakan Pangan Murah


Fatih mengatakan, Panwascam dan PKD diharapkan dapat bersiap dengan segala rintangan dan diharapakan dapat mendedikasikan waktunya untuk berjalannya pemilu ini.

"Saya berharap, dalam berlangsungnya Pemilu serta pemungutan dan perhitungan suara pada 14 Februari 2024 bisa berjalan aman dan kondusif," pungkasnya. (Rama)