Helo Indonesia

Anies-Cak Imin Berpeluang Menang Satu Putaran di Pilpres 2024, Asalkan...

Drajat Kurniawan - Nasional -> Politik
Sabtu, 18 November 2023 17:52
    Bagikan  
Anies-Cak Imin
X / @DPP_PKB

Anies-Cak Imin - Duet bakal capres-cawapres, Anies-Cak Imin, berfoto di Hotel Majapahit, Surabaya, lokasi deklarasi. (Foto: X / @DPP_PKB)

HELOINDONESIA.COM - Analis komunikasi politik Hendri Satrio (Hensat) memprediksi pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar bisa saja memenangkan Pilpres 2024 mendatang.

Bahkan menurut Hensat, pasangan yang diusung koalisi perubahan tersebut ada peluang menang hanya 1 putaran.

Namun dia mengungkapkan, Pasangan nomor urut 1 itu harus mampu menaikkan elektabilitasnya hingga 35 persen sebelum Pemilihan pada 14 Februari 2024 nanti.

"Anies Baswedan akan menang 1 putaran jika dapat memperoleh suara 35 persen," ujar Hendri dalam Diskusi Publik "Menanti Netralitas Negara dan Mencegah Kecurangan Pemilu 2024" di Jakarta Pusat, Sabtu (18/11/2023).

Baca juga: Nomor Urut Capres-Cawapres 2024 : Anies-Cak Imin 1, Prabowo-Gibran 2, Ganjar-Mahfud 3

Hensat menilai Anies bisa mencapai elektabilitas yang lebih tinggi lagi lantaran Anies memiliki kejutan yang tak terdeteksi yaitu silent voters. 

Sehingga silent voter yang dimaksud yaitu umat Islam tersebut lanjut dia, akan mendongkrak peroleham suara Anies. Terlebih suara umat Islam tidak terdeteksi oleh survei politik.

"Kuncinya adalah ummat, ummat muslim di indonesia ini kan terbanyak dan terbesar di dunia. Kalau ada hal-hal yang terkait Demokrasi yang dicurangi pasti nantinya larinya akan ke Anies Baswedan," ucapnya.

Baca juga: Hasil Polling Capres Iwan Fals, Ganjar-Mahfud Unggul Tipis dari Anies-Cak Imin

Masing-masing pasangan capres-cawapres telah mendapatkan nomor urut untuk mengikuti kontestasi Puilpres 2024. Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1. 

Sementara dua kandidat pesaingnya yaitu pasangan capres-cawapres Prabowo-Gibran dengan nomor urut 2. Adapun Ganjar-Mahfud nomor urut 3.