Helo Indonesia

Capres dan Cawapres Harus Punya Komitmen Menjaga dan Menyelamatkan Lingkungan

Drajat Kurniawan - Nasional -> Politik
Jumat, 17 November 2023 19:22
    Bagikan  
Alam Pedesaan
Foto : Ist

Alam Pedesaan - (ist)

HELOINDONESIA.COM - Muhammadiyah menyoroti isu lingkungan dalam pelaksanaan Pemilu 2024. Calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) harus mempunyai komitmen politik dalam upaya menjaga, menyelamatkan lingkungan, dan sumber daya alam tanah air.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir menjelang pelaksanaan kontestasi Pemilu 2024.

"Salah satu dari kandidat capres ini akan menjadi pemimpin negeri ini, sehingga harus menjamin bahwa tanah air dengan seluruh kekayaan alam yang ada di darat, laut, dan udara harus menjadi komitmen politik mereka untuk dijaga dan dirawat," kata Haedar Nashir dalam keterangannya dikutip, Jumat (17/11).

Dia juga mengingatkan agar pembangunan yang dilaskukan tidak semata-mata untuk kepentingan Investasi namun mengabaikan aspek keberlangsungan lingkungan.

Baca juga: Usul Memoles Pemulung TPA Bakung Jadi Pahlawan Lingkungan Hidup

"Boleh dibangun, tapi jangan dirusak, karena itu pembangunannya tidak bisa sekehendak untuk kepentingan investasi," katanya.

Haedar juga mengajak, para capres dan cawapres peserta Pilpres 2024 memiliki kesadaran kosmologis di mana politik, ekonomi, budaya, dan kehidupan bernegara itu tidak akan lepas dari ekosistem kehidupan dan pencipta kehidupan, yakni Tuhan.

"Maka kita ajak para capres dan cawapres punya kesadaran kosmologis tentang pentingnya agama, pentingnya Pancasila, pentingnya budaya luhur bangsa, dan jejak sejarah negeri ini," katanya.

"Pandangan kosmologis itu memasukkan dimensi Tuhan dan ketuhanan itu di dalam kehiduipan berbangsa dan bernegara, termasuk ketika mengambil keputusan-keputusan penting yang genting," imbuh dia.

Haedar meminta, para capres dan cawapres terpilih jangan sampai menyalahgunakan kekuasaan, baik di eksekutif, yudikatif maupun legislatif dalam memimpin negara.

Baca juga: Kualitas Peningkatan Jalan Lingkungan Tiyuh Panaragan, Diragukan Warga Setempat

"Jangan mengambil keputusan atau kebijakan merusak lingkungan, merusak kehidupan, dan merusak masa depan Indonesia," tandasnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 pada hari Senin, 13 November 2023.

Setelah itu pada Selasa, 14 November 2023, melakukan pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024. Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.