bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Soal Pengundian Nomor Urut Hari Ini, Prabowo : Yang Baik Saja

Drajat Kurniawan - Nasional -> Politik
Selasa, 14 November 2023 11:52
    Bagikan  
Ilustrasi Logo KPU
Foto : Tangkapan Layar

Ilustrasi Logo KPU - (Heloindonesia)

HELOINDONESIA.COM - KPU telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden yang berkompetisi dalam Pemilu Presiden 2024. Ketiganya yaitu pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud Md dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

KPU menetapkan secara resmi ketiga pasangan capres-cawapres setelah setelah KPU melakukan verifikasi dokumen dan melihat hasil tes kesehatan kedua pasangan tersebut.

Penetapan tersebut dituangkan dalam keputusan Komisi Pemilihan Umum RI Nomor 1632 Tahun 2023.

Setelah penetapan, KPU akan elakukan pengundian nomor urut pasangan calon presiden dan wakil presiden pada hari ini, Selasa, 14 November 2023 pukul 18.30 WIB. KPU mengundang pasangan calon tetap dan partai politik untuk menghadiri kegiatan pengundian tersebut.

Baca juga: Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan Undi Nomor Urut Capres-Cawapres Hari Ini

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menjelaskan KPU akan mengadakan rapat pleno terbuka pengambilan atau pengundian nomor uruit. Namun sebelumnya KPU akan memulai kegiatan tersebut dengan gala dinner atau jamuan makan malam bersama pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Tak hanya itu, pimpinan partai politik yang mengusulkan pasangan calon presiden dan wakil presiden pun turut diundang.

"Kami memberikan undangan bagi masing-masing pasangan calon yang jumlahnya akan kami layani di tribun yang disiapkan pada halaman parkir Kantor KPU itu masing-masing pimpinan partai politik atau tokoh-tokoh yang diusulkan oleh masing masinh pasangan calon kuotanya adalah 150 orang," katanya.

 Adapun penetapan nomor urut pasangan calon presiden dan wakil presiden sesuai dengan ketentuan yang tertuang dalam Pasal 235 ayat (2).

Sementara Prabowo menanggapi soal Pengundian Nomor Urut. Dia tak menanggapi secara rinci. Ia tegaskan, tak mempersoalkan nomor urut di Pilpres nanti. Yang penting menurut dia, Pemilu 2024 dapat berjalan baik dan sukses tanpa adanya gangguan.

"Yang baik saja," singkat Prabowo