Helo Indonesia

KPU Balam Tetapkan 608 DCT DPR Pemilu 2024

Nabila Putri - Nasional -> Politik
Jumat, 3 November 2023 20:48
    Bagikan  
KPU Balam Tetapkan 608 DCT DPR Pemilu 2024

Fery Triatmojo (Wildan/H elo)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - KPU Kota Bandarlampung menetapkan 608 orang masuk Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD Pemilu 2024.

"Dari 610 di Daftar Calon Sementara (DCS), 2 orang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) sehingga yang masuk DCT 608 orang," ujar Komisioner KPU Bandar Lampung Bidang Teknis Penyelenggara Fery Triatmojo, Jumat (3/11).

Fery menjelaskan, 2 orang yang TMS adalah bacaleg partai PBB yang berstatus Pegawai BUMN di PT KAI yang tidak mencantumkan surat keterangan bekerja di BUMN dan tidak mengajukan permohonan mengundurkan diri.

Baca juga: KPU Tidak Berikan Tanda Khusus di Surat Suara untuk Mantan Terpidana 

Kedua, adanya ganda eksternal. Bacaleg tersebut saat DCS berada di Partai PKB untuk Kota Bandar Lampung, tetapi jelang penetapan DCT ia pindah ke partai PSI dan naik di tingkatan Provinsi.

Selain itu, Fery mengatakan ada satu Bacaleg dari Partai Demokrat yang meninggal dunia. Tetapi, karena partai Demokrat tidak menyerahkan surat kematian, jadi yang bersangkutan masih masuk dalam DCT.

"Kalau nanti Demokrat menyerahkan surat kematian, nanti dihapus namanya di surat suara oleh KPPS," jelas Fery.

Baca juga: Mingrum Gumay Mengapresiasi Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim

Fery juga memaparkan bahwa, selama proses pencermatan DCT, ada beberapa partai yang mengganti caleg di DCS ke DCT karena beberapa alasan.

"Termasuk karena proporsi 30 persen perempuan, diganti karena persetujuan DPP partai dan ada juga yang diganti karena riwayat hukum," jelasnya.

Menurut Fery, DCT Anggota DPRD Kota Bandar Lampung akan diumumkan mulai Sabtu, 4 November 2023 di media sosial dan media massa. (Wildan)