Helo Indonesia

Demokrat Dukung Khofifah Jadi Cawapres Prabowo

Drajat Kurniawan - Nasional -> Politik
Sabtu, 14 Oktober 2023 06:27
    Bagikan  
Khofifah Indar Parawansa
Adpim Jatim

Khofifah Indar Parawansa - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (Foto: Adpim Jatim)

HELOINDONESIA.COM - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menyatakan partainya mendukung Khofifah Indar Parawansa masuk dalam daftar bakal cawapres.

Pasalnya kata dia, demokrat tidak mengusulkan kadernya dalam bursa calon cawapres pendamping Prabowo Subianto.

"Demokrat tidak mengusulkan kader utamanya, tetapi kita kemudian menyampaikan baik juga untuk dipikirkan nama Bu Khofifah, Gubernur Jawa Timur dengan sejumlah faktor dan pertimbangan. Tetapi, pada akhirnya kita kunci dengan satu kalimat yang jelas, itu pandangan dan masukan dari Partai Demokrat," kata AHY di hadapan para kader Demokrat.

Terlepas dari usulan itu, Demokrat menyerahkan keputusan akhir kepada bakal calon presiden Prabowo Subianto.“Selebihnya, urusan pengambilan keputusan terkait dengan cawapres ya dikembalikan, diberikan secara langsung kepad capres yaitu Pak Prabowo Subianto yang sudah kita deklarasikan,” katanya.

Baca juga: Gerindra DKI Akui Khofifah Paling Banyak Diusulkan Jadi Cawapres Prabowo

Meskipun Demokrat tergolong yang paling baru dalam Koalisi Indonesia Maju, AHY menyampaikan Prabowo selalu membuka ruang dan diskusi dengan pimpinan Demokrat.

“Beliau tanya apa yang dipikirkan dan apa yang menjadi pandangan Demokrat. Kita punya hak di situ, dan kiyta dibuka ruang untuk memberikan pandangan dan menyampaikan aspirasi,” kata AHY.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat ini merupakan bakal calon presiden yang didukung oleh partainya, Partai Golkar, PAN, Partai Bulan Bintang, Partai Gelora Indonesia, PRIMA, dan Partai Demokrat. Partai-partai itu tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).