Helo Indonesia

Bawaslu Tanggamus Minta Media Turut Perkecil Kerawanan Pemilu

Nabila Putri - Nasional -> Politik
Rabu, 11 Oktober 2023 22:34
    Bagikan  
Bawaslu Tanggamus Minta Media Turut Perkecil Kerawanan Pemilu

Helo Indonesia Lampung ketika silaturami dengan Bawaslu Tanggamus (Foto Hadi/Helo)

LAMPUNG,HELOINDONESIA.COM -- Bawaslu Kabupaten Tanggamus mengharapkan media turut memperkecil Index Kerawanan Pemilu (IKP) Tematik sebelum proses kampanye Pemilu 2024.

Ada lima IKP, yakni soal politik uang, netralitas ASN, politisasi suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), kampanye di media sosial, dan pemilu luar negeri, kata Ketua Bawaslu Najih Mustopa.

Dia melihat media ikut berperan menangkal hoaks, potensi gesekan pada tahun politik sekaligus dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Media bisa membantu masyarakat yang belum paham tentang pemilu lewat pemberitaannya," kata Najih kepada Helo Indonesia Lampung yang silaturahmi ke ruang kerjanya, Selasa (10/10/2023).

Baca juga: Pria Usia 36 Tahun Nodai Pacarnya Usia 14 Tahun di Kebun Sawit

Dia mengharapkan sinergitas antara Bawaslu dan awak media. Media punya peran aktif sebagai lembaga yang independen, aktual dan tajam terkait dengan tahapan-tahapan pemilu yang sudah semakin dekat.

Apabila ( IKP) tahun 2022 lalu hanya merumuskan empat aspek kerawanan, maka tidak mustahil tahun 2024 mendatang akan menjadi lima aspek, adapun kelima aspek yang dimaksud adalah, politik uang, netralitas ASN, Politisasi SARA, kampanye di media sosial, dan Tematik pemilu di luar negri.

Dari kelima aspek kerawanan yang di jelaskan, maka dapat disimpulkan bahwa, peran media juga diharapkan bisa membantu mengatasi permasalahan yang seringkali terjadi dalam setiap pesta demokrasi, khususnya pemilu.
(Hadi Haryanto)