Helo Indonesia

Kasus Mentan SYL Bakal Menggerus Elektabilitas Anies di Pilpres 2024

Drajat Kurniawan - Nasional -> Politik
Senin, 9 Oktober 2023 17:04
    Bagikan  
KEPUTUSAN PKB
instagram @anies.cakimin

KEPUTUSAN PKB - DPP PKB melalui pleno gabungan akhirnya menerima lamaran Partai NasDem untuk memasangkan Anies-Muhaimin maju dalam Pilpres 2024 nanti, Jumat (1/9/2023)

HELOINDONESIA.COM - Kasus dugaan korupsi yang menyeret dua menteri Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Syahrul Yasin Limpo dan Jhonny G Plate bakal mengancam pencapresan Anies Baswedan di Pilpres 2024.

"Kita lihat sekarang, kan, kader partai Nasdem itu ada dua tingkat menteri (bekas Menkominfo Johnny G Plate dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo ) yang sedang berurusan dengan hukum, kasus korupsi," kata Pengamat Politik Emrus Sihombing dalam keterangannya, Senin (9/10).

Emrus berpandangan, ada kemungkinan Partai Kebangkitan Bangsa juga mengusung Muhaimin Iskandar sebagai bakal Cawapres Anies juga melakukan evaluasi.

"PKB tengah berpikir ulang karena posisi mereka yang bisa terlihat tak baik di mata publik," lanjut dia.

Baca juga: Ganjar atau Prabowo Tak Pilih Cawapres NU, Anies-Cak Imin Banyak Raup Limpahan Suara

Karena itu, dia meilai posisi Anis Baswedan yang merupakan Calon Presiden (Capres) dari Nasdem itu, saat ini, berada di ujung tanduk. "Ata bisa tidak jadi maju sebagai Capres," ujarnya.

Diketahui, mantan menteri Menkominfo Jhonny G Plate yang juga kader Nasdem telah ditetapkan tersangka dalam kasus proyek penyediaan menara base transceiver station (BTS) 4G dan infrastuktur pendukung 1, 2, 3, 4, dan 5 Bakti Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) tahun 2020-2022.

Kader Nasdem lainnya yaitu Syahrul Yasin Limpo juga terseret kasus korupsi di Kementan. Dengan demikian, Nasdem hanya menyisakan satu kadernya di kabinet Jokowi yaitu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya.