Helo Indonesia

Putra Waykanan Agus Fatoni Dilantik Tito Jadi Pj Gubernur Sumsel

Nabila Putri - Nasional -> Politik
Senin, 2 Oktober 2023 13:48
    Bagikan  
Putra Waykanan Agus Fatoni Dilantik Tito Jadi Pj Gubernur Sumsel

Mendagri Tito Karnavian memasangkan pangkat penjabat gubernur ke pundak Agus Fatoni (Foto Ist/Helo)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian melantik Agus Fatoni (51) jadi penjabat gubernur Sumatera Selatan di Sasana Bhakti Praja, Gedung C Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat, Senin (2/10/2023).

Putra Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung yang sebelumnya menjabat direktur jenderal Bina Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dilantik berdasarkan Keppres Nomor 86/P Tahun 2023.

Dia dilantik bersamaan dengan pelantikkan Pj Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik yang sebelumnya menjabat direktur jenderal (dirjen) Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri RI.

Baca juga: Anak Anggota DPR RI Diduga Sosialisasi Bonceng Mitra Kerja Ibunya

Hadir pada pelantikan penjabat gubernur pengganti Herman Deru itu Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya. Sebelumya, dia menjadi orang nomor satu di Provinsi Sulawesi Utara menggantikan Gubernur Olly Dondokambey, 26 September 2020 sampai 5 Desember 2020.

Mantan Ajudan Gubernur Lampung Poedjono Pranyoto pada 1995-1997 itu lahir di Kecamatan Bahuga, Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung, 6 Juni 1972. Dirinya menyelesaikan TK hingga SMA-nya di Lampung, lalu program D3 di Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) Jatinangor tahun 1994.

Dia melanjutkan pendidikannya ke Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) 1994, S1 Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) 1999, S2 Ilmu Pemerintahan UNPAD 2003, dan S3 Ilmu Pemerintahan UNPAD 2009.

Baca juga: Gerindra Respon Sikap Megawati Tolak Duet Ganjar-Prabowo : Beliau Hormati Prabowo

Riwayat Jabatannya:
1. Kepala Staf Pribadi Mendagri
2. Kepala Subdit Dana Bagi Hasil Pajak, Migas, dan Cukai pada Direktorat Fasilitasi Dana Perimbangan Kemendagri
3. Kepala Seksi Provinsi Papua dan Daerah Istimewa Yogyakarta pada Subdit Otonomi Khusus Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri.
4. Pjs Gubernur Sulawesi Utara
5. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri
6. Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Keuangan Kemendagri
7. Kepala Biro Administrasi Pimpinan Kemendagri
8. Sekretaris Kopri Unit Kemendagri
9. Kepala Bagian Protokol Kemendagri (HBM)