Jelang Pilkada 2024, Tiga Pilar Gelar Simulasi Sispamkota

Sabtu, 31 Agustus 2024 16:01
Setelah melakukan simulasi Sispamkota (Foto Rohman/Helo Indonesia Lampung)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM --Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 27 November 2024 mendatang, gabungan tiga Pilar TNI, Polri dan Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, gelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota),

Kegiatan tersebut digelar di depan Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tubaba, Sabtu (31/08/2024).

Simulasi SISPAMKOTA ini diawali dengan menghadapi Gejolak Masa dilanjutkan dengan Parade kendaraan TNI/Polri bersama Instansi Pemkab Tubaba. Hal ini untuk mencegah potensi ancaman hadapi Pilkada serentak 2024.

Juru bicara Unit Intel Kodim 0412/LU Serma Ahmad Saprudin mengatakan, komitmen ini menunjukkan bahwa, strategis pengamanan yang dimulai dari pentahapan tingkat bawah hingga ke tingkat paling atas, Anarkis sekalipun, dapat diatasi dan dibendung bersama.

“Jadi hari ini kita mengatur strategi pengamanan jelang Pilkada tahun 2024,” kata Serma Ahmad Saprudin.

Sementara itu, pejabat teras Kodim 0412/LU Letkol Inf Hery Eko Prabowo mengapresiasi kegiatan Sispamkota tersebut, ini merupakan bentuk Kolaborasi kesiapan TNI/Polri dan Pemkab Tubaba menjelang Pilkada serentak mendatang.

"Simulasi ini sangat berguna untuk mengasah Naluri mengantisipasi gejolak apapun yang akan muncul dan timbul. namanya ancaman, tantangan dan hambatan pasti ada, perlu diwaspadai dan ditindaklanjuti secara terorganisir,” ujarnya.

Menurutnya, berbagai tantangan yang dihadapi, dengan meningkatnya Suhu Politik. Tidak menutup kemungkinan gejolak di berbagai tempat dapat terjadi, khususnya di Kabupaten Tubaba.

“Kita sangat memerlukan deteksi dini dan cegah dini, jangan sampai berlarut dan membesar. oleh karenanya, TNI/Polri dan Pemda secara Responsif, akan terus bersinergi dan berkolaborasi. Semakin kita tekan ancaman yang akan muncul, maka semakin aman penyelenggaraan Pilkada serentak di tahun 2024 ini,” Imbuhnya (Rohman).

Berita Terkini