bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Ayo Daftar, KPU Sidoarjo Butuh Tenaga Sebanyak 19 Ribu

Satwiko Rumekso - Pilkada
23 jam 8 menit lalu
    Bagikan  
KPU rekrutment kpps
HI ArtAI

KPU rekrutment kpps - Ilustrasi pendaftaran

HELOINDONESIA.COM -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo akan mengadakan rekrutmen calon petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada Selasa, 17 September.

Rekrutmen ini bertujuan untuk mempersiapkan petugas yang akan menjalankan pemungutan suara dengan baik. Para calon petugas akan melalui proses seleksi yang ketat untuk memastikan kualitas pelaksanaan pemilu.

"Jika setiap TPS membutuhkan tujuh orang, maka kami akan merekrut 19.131 petugas KPPS untuk 2.733 TPS yang tersebar di seluruh Sidoarjo," kata Ketua KPU Sidoarjo, Fauzan Adhim, kepada Radar Sidoarjo pada Senin, 16 September.

Baca juga: Serunya Lomba Mancing di Tanggulangin, Subandi -Mimik Turut Hadir di Ultah Demokrat Sidoarjo

Jumlah tersebut juga mencakup TPS khusus, seperti yang berada di lapas dan rutan, sehingga semua lokasi dengan kebutuhan khusus tetap akan terlayani.

Setiap TPS akan memiliki tujuh petugas KPPS, dengan satu di antaranya bertindak sebagai ketua KPPS. Ketua KPPS bertanggung jawab atas pelaksanaan pemungutan suara.

Baca juga: Daftar Lokasi Buaya Sering Muncul, Warga Sidoarjo Diminta Waspada

Fauzan menjelaskan bahwa tidak ada persyaratan khusus selain administrasi yang perlu dipenuhi, yaitu berusia minimal 17 tahun atau sudah pernah menikah.

"Ini dibuktikan dengan KTP, serta surat keterangan sehat dan dokumen lainnya," jelasnya.

KPU Sidoarjo juga telah menyediakan honorarium bagi petugas KPPS, dengan nominal yang bervariasi antara ketua dan anggota.

"Ketua KPPS akan menerima Rp 900 ribu, anggota Rp 850 ribu, dan petugas ketertiban Rp 650 ribu," tambahnya.