Kilang Minyak Pertamina Dumai Riau Meledak dan Terbakar

Minggu, 2 April 2023 06:41
Dari kejauhan, api terlihat menyala dari kawasan Kilang Pertamina RU IU Putri Tujuh di Dumai (Foto Ist/Helo Indonesia Lampung)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -- Kilang Pertamina RU II Putri Tujuh meledak dan terbakar di Kelurahan Jaya Mukti dan Tanjung Palas, Dumai, Provinsi Riau, Sabtu (2/4/2023), pukul 22.00 WIB. Kabarnya, ada yang meninggal dan mengalami luka bakar.

Area Manager Comm Rel & CSR Kilang Dumai, Agustiawan mengatakan, ledakan terjadi di area gas kompresor. "Kedaan berhasil dikendalikan sekitar pukul 22.54," katanya

Rumah dan masjid sekitar radius 3 km ada yang rusak seperti plafon. Ada getaran kuat saat ledakan dan membuat warga berhamburan keluar rumah dan kendaraan sempat macet di Jalan Putri Tujuh.

Kapolres Dumai, AKBP Nurhadi Ismanto langsung ke empat kejadian perkara (TKP). "Iya (dapur kilang Pertamina RU II Dumai meledak)," katanya. Informasinya, ledakan disertai dengan kebakaran terjadi pada compresor steam.

Dikabarkan juga, belum terkonfirmasi, ada korban yang meninggal dan luka bakar. Peristiwa tersebut sempat mengundang perhatian masyarakat hingga berdatangan melihat dari jarak dekat.

TNI, Polri, Sat Pol PP dan Sekuriti menjaga ketat pintu masuk. Tidak sedikit, pemadaman masuk ke dalam kilang dan juga ambulans tampak keluar masuk. Jalan Putri Tujuh sempat macet, lantaran ramainya pengendara yang memarkirkan kendaraan.

Hingga berita ini diterbitkan redaksi, belum ada keterangan resmi dari pihak Polres Dumai maupun instansi terkait, soal masyarakat yang terdampak dari ledakan tersebut. (HBM)

Berita Terkini