Sepeda Motor Ringsek Dijadikan Monumen oleh Polres Kendal

Selasa, 19 September 2023 21:05
Motor ringsek dijadikan monumen oleh Polres Kendal guna mengedukasi dan pengingat pengendara agar berhati-hati. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Sebuah sepeda motor yang sudah ringsek korban kecelakaan lalu lintas terlihat dipajang di perempatan Ungup-ungup sebelum masuk jalur lingkar Weleri Kendal. Sepeda motor tersebut sengaja dipajang dan dijadikan sebuah monumen oleh Satlantas Polres Kendal.

Pada Monumen Laka Lantas tersebut juga disertai tulisan seperti "Jangan ikuti jejak kami" dan "Hati-hati rawan kecelakaan". Yang tujuannya adalah sebagai pengingat bagi pengendara agar berhati-hati dalam berkendara.

Baca juga: Jaga Tren Positif, Tim Sepakbola Siwo PWI Jateng Menang 2-1 Atas Sedaya

Kasatlantas Polres Kendal, AKP Afiditya Arief mengatakan, monumen laka lantas ini dibangun, sebagai bentuk peringatan kepada pengendara agar lebih berhati-hati. Terutama di daerah rawan yang sering terjadi kecelakaan lalu lintas bahkan hingga menyebabkan kematian.

"Setidaknya setiap pengendara yang melintasi monumen laka lantas ini akan tersadar ketika berkendara dan tidak berhati-hati yang dapat berakibat fatal," katanya.

Mengedukasi

Dia  menambahkan, monumen tersebut juga untuk mengedukasi warga dan pengguna jalan, khususnya di Kendal untuk tidak mengikuti jejak seperti sepeda motor yang terpajang di monumen tersebut.

“Ini bentuk edukasi agar selalu hati-hati dan tertib lalu lintas,” imbuh AKP Afiditya Arief.

AKP Afiditya Arief mengungkapkan, langkah Polres Kendal dalam menekan angka kecelakaan juga dilakukan dengan memasang rambu peringatan di wilayah yang rawan kecelakaan. Rambu berupa imbauan dipasang di jalan tembus Ketapang-Patebon dan pantura Kaliwungu.

Baca juga: Iko Uwais Membintangi Film Expendables 4, Cek Jadwal Tayangnya di Indonesia

“Kita juga memasang rambu peringatan dan imbauan di jalur rawan kecelakaan. Seperti di jalan tembus di sekitar lokasi kecelakaan yang menewaskan empat orang dan juga di pantura Kaliwungu yang juga rawan kecelakaan,” tegasnya.

Kasatlantas juga mengatakan, pihaknya terus melaksanakan sosialisasi tertib berlalu lintas. Bahkan dalam sosialisasi tersebut juga dibagikan paket sembako bagi pengendara yang tertib berlalu lintas.

“Sosialisasi terus kita lakukan dengan memberikan imbauan dan peringatan kepada pengguna jalan. Mereka yang tertib tentu akan kita beri penghargaan berupa sembako," tutup AKP Afiditya Arief. (Anik)

Berita Terkini