Mahfud Sebut Anggota DPR ?Markus?, Arteria vs Benny Debat Panas

Kamis, 30 Maret 2023 09:51
Arteria Dahlan, Mahfud MD, dan Benny Harmat (Foto Net)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM ? Perseteruan Menko Polhukam Mahfud MD dengan Komisi III DPR terlihat sangat panas saat para legislator meminta pertanggungjawaban informasi mengenai transaksi Rp348T.

Dalam perdebatan tersebut, Mahfud sempat bilang markus alias makelar kasus kepada legislator. ?DPR ini aneh, kadang marah-marah gitu, nggak tahunya markus dia,? ujar Mahfud saat RDPU Komisi III dengan Komisi TPPU, Rabu (29/3/2023).

Para anggota DPR RI lalu menghujaninya dengan interupsi. Habiburokhman, anggota Komisi III DPR dari Fraksi Gerindra, meminta Mahfud menyebutkan nama anggota DPR yang menjadi markus tersebut.

?Kalau benar ada, sampaikan sekarang,? ujar wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Mahfud tidak bergeming, dia tidak menyebutkan siapa wakil rakyar yang disebutnya ?markus? tersebut.

Anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan ikut mempertanyakan juga. Dia lalu mengkonfirmasi ke  teman sejawatnya Benny Harman. Disebut namanya, Benny tak terima. Dia interupsi.

Momen sanggahan Arteria dan Benny berlangsung cukup sengit. Arteri tak ingin aspirasinya diputus begitu saja. ?Tolong saya dulu, nama saya disebut depan. Di sini interupsi boleh manakala nama seseorang disebut,? tutur Benny.

?Entar,? ujar Arteria. ?Nama saya disebut, kecuali kalau nama saya nggak disebut,? lanjut Benny.

Pimpinan rapat Ahmad Sahroni kemudian mempersilakan Benny untuk sampaikan interupsinya. Benny tak ingin apa yang disampaikan Arteria soal markus dibenarkan oleh publik.

?Ya saya tidak membantah apa yang Anda (Arteria) katakan, tetapi nama saya disebut seolah-olah saya diam dan membenarkan itu. Itu yang saya tidak setuju ya, sebetulnya saya merasa rapat kita ini belum selesai dan saya siapkan, cadangkan waktu, untuk bahas soal ini,? tuturnya.

Benny tak ingin sebuah lembaga dituding macam-macam. Ia bertanya ke Mahfud, apa mau rekam jejak yang belum terbukti dibuka ke publik.

?Sangat tidak setuju (pernyataan Mahfud soal Markus) dan jangan lupa juga selama Pak Mahfud jadi ketua MK, Hakim MK, selama beliau masuk bui, jangan dong selalu. Kalau begitu kita katakan Hakim MK juga calo, Pak Mahfud juga calo, jangan, jaga martabat. Saya juga sakit hati, sedih, saya tahu Pak Mahfud siapa dulu. Mau buka kita semua? Mau saya buka?,? imbuh Benny menutup interupsi.

Mahfud mengatakan pernah ada anggota DPR yang marah-marah saat rapat dengan Jaksa Agung. Namun, menurut dia, anggota DPR itu kemudian datang dan menitip suatu kasus ke Kejagung.

?Marah ke Jaksa Agung, uwa uwa uwa gitu, nantinya datang ke kantor Kejaksaan Agung nitip kasus,? ujar Mahfud. (Miki)

Berita Terkini