Viral, Bupati Tanjung Jabung Timur Ngamuk, Tuding Petro China Rampok Sumber Daya Alam Daerahnya

Kamis, 23 Maret 2023 12:48
Bupati Tanjung Jabung Timur, Romi Harianto. (Foto: tangkapan layar)

JAKARTA, HELOINDONESIA.COM ? Keras, viral. Setelah dulu Bupati Meranti ngamuk karena hasil bumi dikeruk Pusat, kini muncul kemarahan serupa, tapi dari Bupati Tanjung Jabung Timur, Jambi, mengungkapkan kejengkelannya terhadap Petro China dan SKK Migas. Ia menuding Petro China merampok sumber daya alam Tanjung Jabung Timur.

Hal itu seperti terlihatpada unggahan utas di Twitter oleh akun @yaniarsim. Unggahan berisi pernyataan keras Bupati Tanjung Jabung Timur Romi Harianto diunggah dalam tiga video terpisah.

 ?Kerass..?? Bupati Tanjung Jabung Timur Tuding Petro China Hanya Merampok Kekayaan Alam Di Daerahnya. Lanjutkan Pak ?Pejabat Yang Langka Cc@HumasSKKMigas,? tulis akun @yaniarsim, diposting 18 jam yang lalu.

Selain itu, akun tersebut juga membagikan secamam meme bergambar Bupati Tanjung Jabung Timur Romi Harianto. Ia membeikan teks unggahan berisi keterangan yang tampaknya menjelaskan, Bupati itu bicara saat acara di satu Koramil di wilayahnya.

?Romi Harianto, Bupati Tanjung Jabung Timur, Jambi Menyampaikan Kegeramannya Thd Petro China & @HumasSKKMigas.  Saat Memberi Sambutan  Peresmian Kant Koramil 419/5 Geragai, Selasa 21 Maret 2023. Hadir Kom Korem 042/Gapu Brig Supriyono, vice pres Petro China Mr Dencio Renato Boele,? itu keterangan yang diberikan akun @yaniarsim.

Di video pertama, Romi Harianto, Bupati Tanjung Jabung Timur, menyatakan, dia sudah tidak percaya kepada Petro (dalam video ada tulisan Petro China) dan SKK Migas karena dinilainya telah merampok kekayaan alam Tanjung Jabung Timur.

?Izin Pak Danrem, saya bicara apa adanya di sini. Saya sebenarnya tak percaya lagi sama Petro, nggak percaya lagi sama SKK Migas. Saya anggap Petro itu cuma perusahaan yang merampok sumber daya alam di Kabupaten Tanjung Jabung Timur ini,? katanya saat pidato di podium.

?Jadi saya bilang sekali lagi Petro cuma merampok sumber daya alam, dan berlindung di bawah kerja SKK Migas,? tambahnya.

Di video kedua, Bupati Tanjung Jabung Timur menyatakan sudah banyak kebohongan dari Petro. Ia juga mempertanyakan, apakan Petro sebagai negara dalam negara.

Karena berbagai komitmen tidak diwujudkan, akhirnya Bupati Romi Harianto menyatakan tak melibatkan lagi Petro. Bahkan sudah dikeluarkan dari forum CSR (corporate social responsibility ? tanggung jawab social perusahaan).

?Maka dari itu saya sudhah putuskan, dan ini menjadi perhatian seluruh rakyat di daerah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, saya tidak akan lagi berurusan dengan Petro, tidak akan. Sudah saya keluarkan Petro dari forum CSR,? ujar Bupati Romi Harianto. 

Ia menegaskan, setiap kegiatan forum CSR sudah beberapa kali rapat, Petro tidak dia libatkan. Dia juga tidak mengu=izinkan Daerah melibatkan Petro.

? Insya Allah kami masih mampu untuk melayani kami dengna kemampuan APBD kami,? ujar Bupati Romi lagi.

Unggahan ini sudah banyak mendapat tanggapan komentar netizen, banyak yang memuji sikap Bupati Tanjung Jabung Timur itu. ?Kl saja semua Pemda, yg sumber alamnya dirampok. berani ,sporti beliau pasti mereka akan takut,? tulis netizen dengan akun @ImapMuslih.

Namun, ada netizen yang malah menyentil balik Bupati Tanjung Jabung Timur itu. Menurut netizen Nofri_zaki dengan akun @Nofri_zaki, dua periode kepemimpinan bupati Romi Harianto tidak menghasilkan pembangunan yang baik, malah menjadi daerah tertinggal dan jalan rusak. 

?Bangun dari tidur nya pak romii .. sudah 2 preode kepemimpinan ente? liat tanjab timur jadi kab daerah tertinggal di jambi. Jalan hancur lebur , pengembangan SDM minim , pembangunan infra sangat minim ?? tulis Nofri_Zaki (@Nofri_zaki).

Berikut ini transkrip lengkap pernyataan orang yang disebut sebagai Bupati Tanjung Jabung Timur,Romi Harianto, yang dikemas dalam tiga video.

Video 1

Izin Pak Danrem, saya bicara apa adanya di sini. Saya sebenarnya tak percaya lagi sama Petro, nggak percaya lagi sama SKK Migas. Saya anggap Petro itu cuma perusahaan yang merampok sumber daya alam di Kabupaten Tanjung Jabung Timur ini. Jadi saya bilang sekali lagi Petro cuma merampok sumber daya alam, dan berlindung di bawah kerja SKK Migas.

Apapun komitmen yang dibangun Petro dengan masyarakat, dengan Pemda, ndak pernah jalan. Tapiitu selalu dilindungi SKK Migas.Saya anggap SKK Migas cuma jadi centeng. Kalau saya punya kewenanganPak Danrem, izin Pak Danrem saya bicara apa adanya, kalau saya punya kewenangan saya usir Petro dari sini Pak. saya bubarkan SKK Migas ndak ada gunanya.

Video 2

 Dibilang bahwa mereka tidak memberi, saya juga bohong. Tapi tak sebanding antara hasil bumi Tanjung Jabung Timur yang diambil dengan apa yang dirasakan masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Itu riel Pak, boleh tanya sama masyarakat. Saya bicara tidak mulut manis Pak, saya bicara tidak atas nama pribadi, kepentingan daerah, kepentingan masyarakat, kepenetingan negara yang saya sampaikan di sini.

Terlalu banyak kebohongan-kebohongan yang diberikan Petro kepada kami. Apakah Petro ini negara dalam negara? Maka dari itu saya sudhah putuskan, dan ini menjadi perhatian seluruh rakyat di daerah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, saya tidak akan lagi berurusan dengan Petro, tidak akan. Sudah saya keluarkan Petro dari forum CSR. 

Video 3

Dan setiap kegiatan forum CSR sudah beberapa kali rapat, Petro tidak kami libatkan, Insya Allah kami masih mampu untuk melayani kami dengna kemampuan APBD kami. Tidak saya izinkan daerah untuk melibatkan Petro dalam kegiatan apapun. Dan kami tidak akan ikut kegiatan Petro sedikit pun. Jadi, hari ini saya sudah putuskan it, dan mohon dipahami.

Dan Pak Danrem, saya juga mohon izin nanti ke Pak Danrem, begitu sambutahn Pak Danrem saya izin pulang besarta kawan-kawan, karena saya sudah tidak percaya lagi dengan omongan-omongan orang Petro ini. Saya tidak percaya sama sekali. Sekali lagi saya bilang saya atidak percaya. Mungkin itu yang dapat saya sampaikan. (*)

(A Winoto)

Berita Terkini