Mohon Bantuan, 60 Warung Kali Brojong Porak Poranda Dihajar Banjir

Rabu, 22 Maret 2023 16:57
Anjungan dan warung yang porak poranda dihajar banjir bandang di kawasan Wisata Kali Brojong (Foto Rama/Helo Indonesia Lampung)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Banjir bandang Way Padang Ratu telah memporakporandakan kawasan Wisata Kali Brojong yang jadi aset BUMDes Cipadang, Gedongtataan, Kabupaten Pesawaran, termasuk 60 warung dan anjungan milik 23 pedagang kecil.

Kepala Desa Cipadang Sugiarto sangat berharap pihak terkait dapat memulihkan destinasi wisata tersebut sekaligus membantu para pedagang kecil yang menggantungkan kebutuhan keluarganya dari anjungan dan warung.

"Kami prihatin dengan nasib warga yang berusaha di wilayah Wisata Kali Bronjong. Warung tersebut adalah sebagai mata pencarian mereka sekeluarga," katanya kepada "Helo Indonesia", Rabu (22/3/2023).

Sugianto menjelaskan puluhan warung dan anjungan tempat warga usaha rusak berat sehingga tak dapat dipakai lagi akibat diterjang banjir bandang dengan intensitas tinggi pada Selasa (21/3/2023), sore hingga malam.

Diperkirakannya, kerugian para pedagang mencapai ratusan juta rupiah. "Semoga Pemkab Pesawaran atau instansi terkait dapat meringankan musibah yang mereka derita," katanya.

Pemilik anjungan, Ardi menuturkan, anjungannya rusak parah akibat dari banjir dan menderita kerugian materi. "Ya paling tidak kerugian saya sampai sebesar Rp9 jutaan," kata Ardi.

Dia juga menitipkan harapannya pemerintah membantu agar usaha para pedagang kembali normal seperti sediakala.  (Rama)

Berita Terkini