H-1, Para Pedagang Takjil Sudah Bersiap Jualan di Tubaba

Rabu, 22 Maret 2023 11:15
Tenda pedagang Takjil di Halaman Pasar Panaragan Jaya (Foto Rohman/Helo Indonesia Lampung)

LAMPUNG-HELOINDONESIA.COM -- Para pedagang takjil menyambut Bulan Ramadhan 1444 Hijriah tahun 2023 sudah mulai berjualan di lapak-lapak yang mereka dirikan darurat di tepi jalan Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung.

Pantauan "Helo Indonesia Lampung", Rabu (22/03/2023), lapak-lapak takjil milik warga tersebut berada di halaman Pasar Panaragan jaya,  Kecamatan Tulangbawang Tengah (TBT).

Lokasi lapak tersebut memang strategis, pun setiap tahunnya acap kali digunakan masyarakat setempat untuk menjual takjil di bulan suci Ramadhan.

Satu diantara pedagang takjil, Suryati (29) warga Tiyuh Brebes mengatakan memang lokasi ini selalu menjadi pasar dadakan yang diperuntukan bagi warga untuk berjualan selama bulan Ramadhan.

"Dalam pasar dadakan ini banyak warga yang berjualan untuk mencari rezeki sepanjang bulan suci  Ramadhan dengan berjualan beraneka ragam makanan, maka dari itu saya pun tak mau ketinggalan untuk berjualan di pasar dadakan ini," ujarnya.

Selain itu, Suryati juga menjelaskan di setiap lapak hampir sama dagangannya, mulai dari berjualan  kue, takjil, sayur matang dan sayur mentah. "Keberadaan pasar dadakan di Halaman Pasar Panaragan Jaya ini sudah menjadi tradisi dari tahun ke tahun," pungkasnya.

Menurutnya, pembeli takjil yang datang ke pasar dadakan ini bukan hanya dari Tiyuh Panaragan Jaya saja, tetapi juga berasal dari Tiyuh-tiyuh tetangga lainya, seperti, Tiyuh Penumangan, Tiyuh Panaragan, Tiyuh Gunung Katun dan tiyuh lainnya.

"Kita buka pasar dadakan ini sejak awal puasa sampai selesai, dan ini bagian dari tradisi warga memanfaatkan momen bulan puasa untuk meningkatkan perekonomian,"jelasnya.

Sementara itu, dikatakan Winta, warga Kelurahan Panaragan jaya kecamatan TBT, Kabupaten Tubaba mengatakan bahwa dirinya merasa senang dengan adanya lapak takjil selama bulan ramadhan.

"Dengan ada nya pasar dadakan ini, saya sangat senang, karena dengan adanya pasar ini sangat membantu jika saya tidak sempat masak dirumah untuk berbuka puasa dengan keluarga," imbuhnya (Rohman)

Berita Terkini