Ini Dimulainya Ramadan di Indonesia, Mekkah dan Berbagai Negara

Selasa, 21 Maret 2023 11:36
Kapan Ramadhan dimulai? Malam tanggal 22 Maret - jika bulan sabit terlihat, tanggal 23 Maret menjadi hari pertama puasa. (Ilustrasi: Aljazeera)

JAKARTA ? Sebentar lagi bulan Ramadan, umat Islam diwajibkan menjalankan ibadah berpuasa. Lantas, kapan Ramadan 2023 datang, dan bagaimana bulan sabit terlihat?

Ramadhan memeng ditentukan berdasarkan kalender Islam mengikuti peredaran bulan (Qomariyah), yang dimulai dengan penampakan bulan sabit.

Untuk hari pertama puasa Ramadan di Mekkah kemungkinan akan dilakukan pada Kamis, 23 Maret, tergantung penampakan hilal.

Ramadhan ditentukan oleh kalender lunar Islam, yang dimulai dengan penampakan bulan sabit. Arab Saudi dan negara-negara mayoritas Muslim lainnya mengandalkan kesaksian para pengamat bulan untuk menentukan awal bulan.

Bagaimana penampakan bulan Ramadan?

Agar bulan terlihat, bulan sabit harus setelah matahari terbenam. Hal ini memungkinkan langit menjadi cukup gelap untuk melihat celah kecil bulan baru.

Setelah matahari terbenam, para pengamat bulan menghadap ke barat, dengan pandangan yang jelas ke cakrawala untuk mencari bulan baru.

Di Arab Saudi, kesaksian orang-orang yang telah melihat bulan dicatat dan Pengadilan Tinggi Yudisial memutuskan kapan Ramadhan harus dimulai.

Ini Dimulainya Ramadan di berbagai negara

Menurut Crescent Moon Watch, pelacak bulan yang dijalankan oleh Kantor Almanak Bahari Inggris, bulan baru Ramadan akan dimulai pada 21 Maret pukul 17:23 GMT (20:23 waktu Mekkah), tanpa penampakan jenis apa pun yang diharapkan malam itu.

Pada malam tanggal 22 Maret, bulan baru akan mudah terlihat dengan mata telanjang di banyak bagian Timur Tengah, Afrika Utara, Eropa Barat, dan Amerika. Dengan demikian, hari puasa pertama diharapkan menjadi 23 Maret untuk negara-negara tersebut.

Bulan baru mungkin dapat dilihat tanpa bantuan optik jika langit cerah di seluruh Afghanistan, Bangladesh, India, Iran, Pakistan, dan Afrika Selatan. Indonesia dan Malaysia kemungkinan besar akan membutuhkan bantuan optik untuk melihat bulan. Bagi negara-negara tersebut, jika hilal terlihat, puasa Ramadhan pertama juga akan jatuh pada 23 Maret. Jika tidak, maka puasa hari pertama pada 24 Maret.

Fase bulan Ramadan

Bulan lunar (qamariyah) berlangsung antara 29 dan 30 hari, tergantung pada penampakan bulan baru pada malam ke-29 setiap bulan. Jika bulan baru tidak terlihat, bulan berlangsung selama 30 hari.

Mengapa Ramadhan itu suci?

Muslim percaya bahwa Ramadhan adalah bulan di mana ayat-ayat pertama Alquran diturunkan kepada Nabi Muhammad lebih dari 1.400 tahun yang lalu.

Sepanjang bulan, menjalankan puasa umat Islam dari sesaat sebelum sholat subuh, hingga sholat magrib, Maghrib.

Puasa mencakup pantang makan, minum, merokok, dan hubungan seksual untuk mencapai ?taqwa? yang lebih besar, atau kesadaran akan Tuhan.

Puasa adalah salah satu dari lima rukun Islam, bersama dengan pernyataan iman Muslim, doa harian, amal, dan menunaikan ibadah haji ke Mekkah jika mampu secara fisik dan finansial.

Di banyak negara mayoritas Muslim, jam kerja dikurangi, dan sebagian besar restoran tutup selama jam puasa.

Berbagai negara mayoritas Muslim memiliki sapaan yang dipersonalisasi dalam bahasa asli mereka. ?Ramadan Mubarak? dan ?Ramadan Kareem? adalah salam umum yang dipertukarkan pada periode ini, masing-masing berharap penerima bulan yang diberkati dan murah hati.

Tahun lalu, puasa di seluruh dunia berkisar antara 10 hingga 20 jam sehari.

Di akhir Ramadhan, umat Islam merayakan Idul Fitri. Dalam bahasa Arab artinya ?hari raya berbuka puasa?.

Bergantung pada penampakan hilal, Idul Fitri tahun ini kemungkinan jatuh pada 21 April. (*)

Sumber: Aljazeera

(A Winoto)

Berita Terkini