Zulkifli Anwar Kenang Perjuangan Melahirkan Bumi Andan Jejama

Selasa, 18 Juli 2023 09:41
Foto: Rama

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Momentum Hari Jadi ke-16 Kabupaten Pesawaran tahun 2023, sejumlah tokoh Lampung mensyaratkan Bumi Andan Jejama harus menjadi kabupaten yang lebih baik lagi.

Hal tersebut dikatakan salah satu anggota DPR RI asal Lampung Zulkifli Anwar, yang juga mantan Bupati Lampung Selatan pada saat pemekaran Kabupaten Pesawaran mengatakan, banyak kenangan dan sejarah panjang dalam pemekaran Kabupaten Pesawaran pada tahun 2007 lalu.

"Tentu banyak sekali kenangan ketika berjuang mengawali terbentuknya Kabupaten Pesawaran," kata Zulkifli, usai rapat Paripurna Istimewa DPRD dalam memperingati Hari Jadi ke-16 Kabupaten Pesawaran di Ruang Sidang DPRD setempat, Senin (17/7/2023).

Menurutnya, semua bermula saat itu dirinya bersama tim pemekaran bersama-sama mengejar 13 indikator agar Pesawaran bisa dimekarkan menjadi sebuah kabupaten.

Baca juga: Pemkab Pringsewu Tak Becus Kelola Keuangan, 12 Laporan Karut Marut

"Perencanaan itu saya ingat betul, saya menggandeng peneliti dan akademisi dari Universitas Lampung (Unila) mulai tahun 2002," ujarnya.

Kemudian, lanjut orang tua kandung Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona itu, pihaknya bersama dengan tim saat itu berjuang gigih, realisasinya butuh waktu lama, bukan hanya setahun dua tahun.

"Dari zaman Presiden Bu Megawati tahun 2002, kami bersama tim panitia yaitu Pak Muaddin Yusuf dan Alzier Dianis Thabranie berjuang, kalau pun belum, terus kami masih kejar lagi," kata dia.

Ia mengungkapkan, setelah melewati waktu yang lama sampai akhirnya perjuangan panjang itu terwujud hingga terjadi pemekaran Kabupaten Pesawaran.

Baca juga: Pemprov Lampung Rencanakan Menyusun RPJP 2025-2045

"Pesawaran terbentuk di tahun 2007 dengan Gedongtataan sebagai Ibukotanya. Dan itu pada masa pemerintahan Presiden SBY di tahun 2007 baru dikeluarkan peraturan, sampai disahkan menjadi kabupaten," ungkapnya.

"Pada saat terbentuk, Pesawaran baru punya tujuh kecamatan, yaitu Kecamatan Gedongtataan, Negerikaton, Tegineneng, Waylima, Padangcermin, Punduhpedada, dan Kedondong," jelasnya.

Diusia ke-16 tahun 2023 Kabupaten Pesawaran, dirinya berharap kedepan kabupaten tersebut bisa menjadi lebih baik lagi dengan memanfaatkan potensi-potensi yang ada.

"Tentunya saya berharap Kabupaten Pesawaran bisa lebih baik. Yang pasti hari besok harus lebih baik dari hari ini," pungkasnya. (Rama)

Berita Terkini