Wirahadikusumah: LAKH Wujud Kemerdekaan Pers dan Pembelaan Wartawan

Kamis, 16 Maret 2023 13:43
Wirahadikusumah serahkan SK LAKH kepada ketuanya, Kusmawati (Foto Rama/Helo Indonesia Lampung)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -- Keberadaan Lembaga Advokasi dan Konsultan Hukum (LAKH) adalah sebuah lembaga sebagai wujud kemerdekaan pers dan juga sebagai pembelaan wartawan jika terjadi sengketa pers dalam melakukan kerja jurnalistik.

Ketua PWI Lampung Wirahadikusumah menyambut baik dengan telah dibentuknya LAKH PWI Lampung, dan berharap bisa bekerja semaksimal mungkin untuk melakukan pembelaan terhadap wartawan.

Dikatakannya, dalam peringatan puncak Hari Pers Nasional (HPN) di Medan, Sumatera Utara belum lama ini Presiden Jokowi mengatakan bahwa pers di Indonesia kurang bebas apalagi, jadi yang dituntut masyarakat adalah bagaimana menjadi pers yang bertanggungjawab.

"Di Lampung sudah ada seribu wartawan dan kami terus berusaha meningkatkan kualitas semua wartawan dan menyesuaikan dengan Undang-undang pers No. 40 tahun 1999," kata Wira, usai melantik 60 Pengurus LAKH yang diketuai Kusmawati di Aula Kantor PWI Lampung, Kamis (16/03/2023).

Menurutnya, siapapun bisa menulis tapi wartawan juga harus bisa menjaga marwah. Dan angan sampai ada penumpang gelap yang melakukan kegiatan pers yang melanggar kode etik.

Ia juga mengajak agar perjanjian kerjasama antara PWI Lampung, Polda Lampung dan Kejati Lampung bisa terlaksana dan berjalan dengan baik.

"Mari tegakkan kemerdekaan pers tentunya sesuai dengan kerja-kerja pers dan UU Pers No. 40 tahun 1940," ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Kominfotik Provinsi Lampung, Ganjar Jationo mewakili Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan, sangat menyambut baik atas adanya dialog hukum oleh PWI Lampung termasuk kesepakatan bersama antara PWI Lampung, Polda Lampung dan Kejati Lampung.

"Mudah-mudahan kita akan sadar dan melek hukum bagaimana menjalankan tugas di lapangan. Ini akan menjadi interaksi positif. Dewasa ini pertumbuhan perusahaan pers sangat menggembirakan dan tentu kedepannya semua perusahaan pers itu bisa sehat," kata Jationo sembari memberikan ucapan selamat atas pelantikan pengurus LAKH.

Diketahui, hadir dalam pelantikan tersebut, Kapolda Lampung Irjen Pol Akhmad Wiyagus, Kajati Lampung Nanang Sigit, Wakil Ketua Dewan Pers Agung Darmajaya, Kadiskominfotik Provinsi Lampung Ganjar Jationo, Kepala Kanwil Kemenag Lampung, Anggota DPRD Kota Bandar Lampung, Ketua PWI Kabupaten se-Provinsi Lampung. (Rama)

Berita Terkini