Kembangkan Pariwisata, Pemkab Kendal Launching Aplikasi GIS dan Community Based Tourism

Rabu, 5 Juli 2023 20:06
Kegiatan Launching Aplikasi GIS dan Community Based Tourism, Rabu (5/7/2023). Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Guna mengembangkan pariwisata, khususnya tingkat kunjungan wisatawan, Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) me-launching Aplikasi Pariwisata Kendal berbasis Geographic Information System (GIS), dan Community Based Tourism (CBT), di Pendapa Tumenggung Bahurekso Setda Kendal, Rabu 5 Juli 2023.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto menjelaskan, aplikasi berbasis GIS tersebut merupakan aplikasi yang dapat memudahkan masyarakat khususnya wisatawan untuk mengetahui potensi wisata, akomodasi, transportasi, dan Daya Tarik Wisata (DTW) dari titik atau posisi wisatawan berada.

"Hari kita berikhtiar untuk mengembangkan eksosistem pariwisata dengan melaunching aplikasi pariwisata berbasis GIS. Sehingga nantinya akan bermanfaat dan memudahkan wisatawan yang akan berwisata di Kabupaten Kendal," terang Dico.

Dico juga menyambut baik atas diluncurkannya Community Based Tourism yang diharapkan dapat menjadi media peningkatan jejaring pelaku pariwisata sekaligus menjadi media berkomunikasi terkait dengan pengembangan pariwisata di Kabupaten Kendal.

"Community Based Tourism yang harapannya mempermudah komunikasi antara stakeholder terkait. Ini yang sangat penting, jadi jangan sampai ada mis komunikasi terhadap pengembangan pariwisata di Kendal. Ini bisa menjasi wadah dalam mengembangkan potensi wisata," tandasnya.
Penandatangan Komitmen
Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan penandatanganan Komitmen Bersama seluruh stakeholder pariwisata dalam membangun Community Based Tourism Kabupaten Kendal.

"Setelah penandatangan kerjasama ini, menjadi langkah awal bagi kita bersama dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Kendal. Sehingga pariwisata di Kendal akan semakin dikenal dan jumlah kunjungan wisatawan semakin meningkat lagi," imbuh Bupati Kendal.

Kepala Disporapar Kendal, Achmad Ircham Chalid mengungkapkan, Community Based Tourism mewadahi seluruh pelaku pariwisata termasuk pentahelix yakni pemerintah, pengusaha, media, komunitas hingga akademisi. Yang fungsinya adalah sebagai wadah komunikasi diskusi, juga sebagai wadah pengembangan pariwisata di Kendal.

"Termasuk didalamnya nanti ada fungsi untuk memasarkan bersama-sama produk pariwisata. Karena selama ini kan kita masih parsial. Biro wisata jalan sendiri, teman-teman pelaku pariwisata jalan sendiri. Sehingga dengan adanya Community ini nanti kita bisa bareng-bareng," papar Achmad Ircham Chalid.

Ditambahkan, teekait aplikasi GIS merupakan aplikasi panduan bagi wisatawan yang akan berkunjung ke tempat wisata.

"Jadi hampir mirip dengan google map, cuma kita fokusnya ke tempat-tempat wisata yang ada di Kabupaten Kendal. Jadi misal kita scan barkotnya kita akan mengetahui posisinya dimana. Dan ketika kita akan mengunjungi tempat wisatanya kita tinggal klik, nanti kita akan diarahkan kesana," imbuhnya. (Anik)

Berita Terkini