Disnakeswan Tubaba Berikan Pengobatan Massal Gratis Terhadap Hewan Ternak

Rabu, 15 Maret 2023 12:59
Kebid Kesbanvet Disnakeswan Tubaba Sajaya (Foto Rohman/Helo Indonesia Lampung)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -- Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, melaksanakan program pelayanan keliling pengobatan massal terhadap hewan ternak.

Hal itu diungkapkan Kepala Disnakeswan, Nazaruddin, di wakili Kepala Bidang (Kabid)  Kesehatan Hewan , Kesmavet , Pengolahan dan Pemasaran, Sanjaya, kepada Helo Indonesia Lampung, Rabu (15/03/2023).

Sanjaya menjelaskan bahwa, program pengobatan massal keliling ini, bentuk dari dukungan kita terhadap program yang digagas oleh Penjabat (Pj) Bupati Tubaba, Zaidirina yakni program Kolam, Kandang, Kebun dan Wisata (K3W).

Selain itu, lanjut Sanjaya, tentunya kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan ternak, pengendalian penyakit terhadap hewan dan mencegah virus yang bisa ditularkan sesama hewan.

"Kalau hewan ternak sehat pasti perekonomian masyarakat khususnya peternak hewan di Tubaba meningkatkan," ujarnya.

Kemudian, adapun teknik pelayanan keliling pengobatan massal terhadap hewan ternak ditujukan kepada tiyuh-tiyuh yang padat ternak. Pengobatan yang dilakukan secara gratis ini dilakukan berdasarkan usulan Pemerintah Tiyuh (Desa) setempat.

"Untuk bentuk pengobatan yang kita berikan yakni, dengan cara pemberian vitamin, pemberian obat cacing, dan hormon apabila terjadi gangguan reproduksi dan dilakukan juga Inseminasi buatan (IB). Dan Pemeriksaan Kebuntingan (PKB)," imbuhnya (Rohman).

Berita Terkini