Coklit Pemilu 2024 Pesawaran Sudah 99,99 Persen

Senin, 13 Maret 2023 19:56
Dody Afriyanto (Foto Rama/Helo Indonesia Lampung)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Sehari menjelang berakhirnya Pencocokan dan Penilitian (Coklit) data pemilih untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, progres Coklit telah mencapai 99,99 persen.

Komisioner KPU bidang divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Pesawaran Dody Afriyanto mengatakan, hari ke-29 Coklit telah terdapat beberapa kecamatan yang sudah mencapai 100 persen.

"Dari 11 kecamatan, sudah ada 6 kecamatan yang pencoklitannya mencapai 100 persen, 5 kecamatan sisanya sudah mencapai 99,9 persen kemungkinan sore ini sudah selesai semua," kata Dody, Senin (13/3/2023).

Dikatakannya, pencoklitan ini berakhir pada tanggal 14 Maret 2023, dan selepas tanggal tersebut sudah tidak ada lagi pencoklitan.

"Nanti setelah KPU menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS), ada tahapan tanggapan atau masukan dari masyarakat, nah bagi warga yang belum masuk saat pencoklitan bisa diakomodir yang belum masuk dalam daftar pemilih dengan catatan tanggapan atau masukan itu harus disertai data pendukung autentiknya," ujarnya.

"Kemudian jika pada tahapan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), masih ada warga yang belum terdaftar pasca penetapan DPT tersebut, maka masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan menunjukan KTP-El di TPS sesuai alamat yang tertera di E-KTP mereka masuk dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK)," kata dia.

Menurutnya, selesai tahapan Coklit rampung, pihaknya akan melakukan rekap ditingkat desa, dilanjutkan tingkat kecamatan, kemudian tingkat kabupaten, provinsi sampai Nasional.

"Kalau rekap ini sudah kita lakukan, baru diketahui apakah ada penambahan jumlah pemilih ataupun pengurangan dari data sebelumnya," pungkasnya. (Rama)

Berita Terkini