Karang Taruna Hendaknya Berdayakan Kearifan Lokal dan Ikut Selesaikan Masalah Masyarakat

Sabtu, 11 Maret 2023 19:57
Dendi Ramadhona saat menyampaikan pesan-pesannya (Foto Rama/Helo Indonesia Lampung)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM --  Ketua Karang Taruna (KT) Provinsi Lampung Dendi Ramadhona, harap seluruh kader KT yang ada di Provinsi Lampung dapat memberdayakan kearifan lokal untuk mengembangkan daerah masing-masing.

"Kader Karang Taruna juga harus dapat ikut menyelesaikan permasalahan sosial yang terjadi di tengah masyarakat," katanya saat Rakor Persiapan Bulan Bhakti Karang Taruna (BBKT) Provinsi di Kabupaten Pesisir Barat, Sabtu (11/3/2023).

"Pesisir Barat ini banyak potensi yang dapat digali untuk memecahkan permasalahan sosial yakni ekonomi, hal ini tentunya perlu peran aktif para pengurus KT untuk membantu Pemda Pesisir Barat," ujarnya.

Maka dari itu, perlunya hubungan yang baik, bersinergi dan harmonis dari pengurus KT dengan pemerintah daerah maupun stakeholder lainnya.

"Saya berharap, BBKT yang akan dilaksanakan di Pesisir Barat maupun di daerah lainya bukan sekedar seremoni, tetapi memberikan kebermanfaatan untuk masyarakat sekitar," ujar dia.

Sementara itu, Wakil Bupati Pesisir Barat, A Zulqoni Syarif mengatakan, KT ini adalah organisasi sosial sebagai wadah pengembangan kader yang tumbuh besar dari dan oleh untuk masyarakat.

"Karang Taruna berkembangan semakin cerdas khususnya di generasi muda baik ditingkatan provinsi, kabupaten, kecamatan dan desa, secara terpadu terarah dan berketerlanjutan," kata dia.

Tak lupa, ia berharap dalam rapat ini menghasilkan program kerja yang berguna bagi kader Karang Taruna di Provinsi Lampung.

Sementara, Ketua Karang Taruna Pesisir Barat, Suryadi mengatakan Kabupaten Pesibar siap menjadi lokasi hajat besar BBKT tingkat Provinsi Lampung.

Kemdian, ia mengatakan ada beberapa agenda rutinan yang selalu dilakukan Karang Taruna Pesisir Barat. Seperti Lomba Film Pendek, kunjungan rutin selama bulan Ramadan ke kecamatan se-Pesisir Barat.

Ia berharap, kader-kader Karang Taruna Pesisir Barat bisa berpartisipasi dalam pengembangan pemuda-pemudi.

"Kita berupaya mengisi kegiatan positif muda mudi di Pesisir Barat dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat," pungkasnya. (Rama)

Berita Terkini