FKUB Jateng Perkuat Sinergi Antarumat Beragama Jelang Pilkada Serentak

Rabu, 18 September 2024 20:49
Kegiatan studi tiru FKUB Sumsel ke FKUB Jateng di kantor wilayah Kementerian Agama RI Jateng

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Guna memperkuat kerukunan antarumat beragama di wilayah Jawa Tengah, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jawa Tengah melakukan penguatan kelembagaan dengan membentuk PKUB di tingkat Kecamatan bahkan ke seksi kerukunan warga di tingkat RT.

Hal ini disampaikan dalam kunjungan studi tiru ke FKUB Sumatera Selatan ke FKUB Jawa Tengah di kantor Wilayah Kementerian Agama RI Jawa Tengah. Kunjungan ini bertujuan untuk belajar dari pengalaman dan inovasi FKUB Jawa Tengah dalam menjaga keharmonisan hubungan antarumat beragama.

Baca juga: Forum Relawan Jokowi Tegak Lurus ke Mirza-Jihan Atau Ardjuno

Rombongan FKUB Sumatera Selatan yang dipimpin oleh ketuanya, KH Mal’an Abdulloh, didampingi oleh Sekretaris Badan Kesbangpol Sumatera Selatan Maha Resi Tama, dan Kabid Ketahanan Ekonomi, sosial budaya, agama dan Ormas, Mohammad Irwan.

Tamu disambut langsung oleh Ketua FKUB Jawa Tengah, Prof Dr Imam Yahya MAg., bersama jajaran pengurus FKUB di Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Tengah dan Kabid Ketahanan Bangsa Kesbangol Jateng Muslichah Setiasih. Dalam sambutannya, Prof Imam mengungkapkan, FKUB Jawa Tengah telah lama dikenal sebagai salah satu FKUB yang berhasil dalam menjaga kerukunan antarumat beragama di tengah keragaman masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, KH Mal’an Abdulloh, menyampaikan, melalui kunjungan ini, kami bisa belajar banyak dari FKUB Jawa Tengah, terutama dalam hal penerapan program-program kerukunan beragama, dialog lintas agama, serta penguatan peran FKUB dalam berbagai konflik antarumat beragama.

Sambut Baik

Sementara itu, Hj Zaimaatun, dari Kanwil Kementerian Agama Jateng menyambut baik kunjungan tersebut dan mengapresiasi langkah FKUB Sumatera Selatan untuk melakukan studi tiru. Dia menekankan pentingnya sinergi antar-FKUB di seluruh Indonesia untuk berbagi pengalaman dan solusi dalam menghadapi tantangan kerukunan umat beragama di tempat masing masing.

Baca juga: Tim Voli Pantai Putri Jateng Sensasional, Rebut Emas Pertama dalam Sejarah Ikut PON

Selama kunjungan, FKUB Sumatera Selatan diajak mengunjungi beberapa tempat yang menjadi contoh wisata religi di antaranya: Sam Poo Kong, MAJT dan Masjid Kauman.

Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru bagi FKUB Sumatera Selatan dalam menyusun program-program unggulan yang relevan dengan konteks daerah, sehingga semakin mempererat hubungan harmonis antarumat beragama di wilayah Sumatera Selatan. (Aji)

Berita Terkini