Daftar Lokasi Buaya Sering Muncul, Warga Sidoarjo Diminta Waspada

Kamis, 12 September 2024 12:30
Ilustrasi BBKSDA Jatim

HELOINDONESIA.COM -Seekor buaya besar kembali muncul di sungai kawasan Kelurahan Gebang, Kecamatan Kota Sidoarjo, termasuk di kompleks pergudangan Safelock dan beberapa lokasi lainnya. Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur meminta warga untuk waspada.

Polhut BBKSDA Jatim, Rakhmat Hidayat, menyatakan bahwa kemunculan buaya ini diketahui dari laporan masyarakat dan media sosial. Buaya yang sering muncul di beberapa titik di Sidoarjo ini adalah buaya muara.

Baca juga: Kasus Pemerkosaan Anak di Bawah Umur Viral, Hotman Paris Minta Terobosan Hukum

Lokasi kemunculan buaya antara lain di Sungai Desa Gisik Cemandi Kecamatan Sedati, Sungai Kedung Peluk, Sungai Wedero Klurak Kecamatan Candi, Sungai Porong Kecamatan Porong, kawasan makam Praloyo, dan Sungai Gebang Kecamatan Kota Sidoarjo.

"Kami dari BBKSDA meminta warga tetap waspada dan hati-hati di sekitar munculnya buaya tersebut," jelas Rakhmat, Kamis 12 September 2024.

Baca juga: Subandi Sampaikan Keinginan Warga Gedangan Kepada Jokowi, Ditanggapi Positif

Meski belum ada kejadian berbahaya, BBKSDA tetap meminta warga untuk berhati-hati. Buaya muara biasanya berkelompok, minimal dua ekor atau lebih, dan sering muncul di wilayah Sidoarjo.

Rakhmat menambahkan bahwa pihaknya akan terus memantau kawasan tersebut. Buaya yang sering muncul di Sidoarjo umumnya masih remaja. Buaya adalah satwa liar yang berbahaya dan memiliki kebiasaan mencari makan, berjemur, dan berkembang biak di habitatnya. Jika habitatnya rusak, mereka akan pindah ke tempat lain.

Saat ini, BBKSDA belum bisa mengambil tindakan apapun dan masih mengamati lokasi kemunculan buaya. Jika melihat buaya, warga diminta segera melaporkannya ke BBKSDA.***

Berita Terkini