Lolos Hibah Kemenristek Dikti, Tim Peneliti USM Gelar FGD Batch II di Demak

Rabu, 11 September 2024 06:57
Tim peneliti USM saat berpose bersama pelaku UMKM dalam FGD di Demak

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Tim Peneliti Dosen Pemula Universitas Semarang (USM) yang lolos hibah DRTPM Kemenristek Dikti mengadakan Focus Group Discussion (FGD) Batch II di Aula Dinas Koperasi- UMKM Dindagkop UKM Kabupaten Demak pada Jumat 6 September 2024.

Tim Peneliti USM terdiri atas Ketua Sulistyorini SE MM, anggota Ayu Nurafni Octavia SM MM, dan Dr Any Setyarini SE MM. Mereka dibantu dua mahasiswa, Afshoqul Miftah dan Etsa Limar Hita.

Baca juga: Dua Peluang Emas Hapkido Jateng Meleset, Baru Bawa 1 Perak dan 4 Perunggu di Hari Pertama

Ketua Tim Peneliti USM, Sulistyorini mengatakan, tujuan kegiatan tersebut untuk meningkatkan kinerja pelaku UMKM. Kegiatan tersebut merupakan tindaklanjut dari FGD I yang digelar Asgutus lalu.

''Kami mengajak para pelaku UMKM untuk berbagi gagasan, pengetahuan, serta pengalaman,'' katanya.

Kegiatan yang diikuti 40 pelaku usaha itu menghadirkan narasumber Kepala Bidang Koperasi-UMKM Dindagkop UKM Kabupaten Demak, Sunarto SE MM dan Ketua Paguyuban UMKM Kabupaten Demak, Dwi Endah Apriliyantini.
Kinerja UMKM
Sulistyorini mengatakan, selama kegiatan FGD tersebut pihaknya memaksimalkan dalam pengambilan data yang sudah dimulai pada Agustus lalu. Data yang diambil terkait faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja UMKM di Kabupaten Demak melalui strategi bisnis, technopeneurship dan digital technology.

''Kami berterima kasih karena selama melakukan penelitian mendapat apresiasi dan dukungan positif dari Kepala Bidang Koperasi –UMKM Dindagkop UKM Kabupaten Demak Bapak Sunarto,'' ujarnya.

Baca juga: Belum Lolos Seleksi? Berikut Tips Daftar Prakerja Gelombang 72 dan Jadwal Pendaftaranya!

Menurut Sunarto, pihaknya mendukung kegiatan penelitian yang dilakukan tim Peneliti USM untuk meningkatkan kinerja pelaku UMKM.

Dia berharap, kegiatan penelitian ataupun pengabdian yang telah dilakukan Tim Peneliti USM dapat berkelanjutan.

''Kami berharap, ke depan dapat berkolaborasi dengan kegiatan yang dilakukan di Koperasi-UMKM UKM di Kabupaten Demak untuk mengatasi hambatan bisnis,'' pungkasnya. (Aji)

Berita Terkini