Kembali, Lampung Barat Raih Apresiasi Pemasaran Pariwisata Indonesia (APPI) 2024

Selasa, 10 September 2024 15:29
Pj Bupati Lampung Barat Nukman dan peraih APPI 2024 bersama Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, Senin (9/9/2024). | Endang Guntoro/Muzzamil

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Kali kedua, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat kembali diganjar penghargaan Apresiasi Pemasaran Pariwisata Indonesia (APPI) 2024, program pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) demi pemenuhan target 1,25 - 1,5 miliar perjalanan wisatawan nusantara (wisnus) tahun 2024.

Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat, Nukman, menerima piagam penghargaan APPI 2024 yang diserahkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Dr Sandiaga Salahuddin Uno, pada malam puncak penganugerahan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona kompleks kantor Kemenparekraf, Jl Medan Merdeka Barat 17, Jakarta Pusat, Senin (9/9/2024).

Sebagai informasi, APPI jadi program rutin tahunan yang diselenggarakan selama empat bulan: April-Juli. APPI 2024 telah diikuti oleh 38 Dinas Pariwisata Provinsi dan 514 Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota se-Indonesia. Serta, telah menghasilkan pemenang lomba bulanan tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Baca juga: HMI dan Kohati Badko Sumbagsel Dilantik di Aula Semergo, Pemkot Balam

Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Parekraf, Dinas Pemuda dan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Lampung Barat, Endang Guntoro melalui unggahan media sosialnya seperti disitat diakses dari Bandarlampung, Selasa (10/9/2024) menjelaskan, Lampung Barat ditetapkan menjadi peraih kategori terbaik selama 3 bulan yakni April, Juni dan Juli 2024.

"Tahun 2023 lalu, Kabupaten Lampung Barat juga menjadi salah satu pemenang APPI yang juga meraih penghargaan selama tiga bulan berturut-turut," terang Endang, benderang.

"Dengan diterimanya penghargaan ini selama dua tahun berturut-turut, kami berharap semoga upaya-upaya yang telah dilakukan akan berdampak pada peningkatan jumlah kunjungan wisnus di Lampung Barat sehingga sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan m
jadi sektor yang dapat menjadi penggerak peningkatan pendapatan para pelakunya yang tentu saja berdampak pada kesejahteraan masyarakat," asa dia.

"Alhamdulillah, upaya-upaya tersebut menunjukkan tren peningkatan kunjungan wisatawan ke Bumi Sekala Bekhak pada setiap tahunnya. Walau pun masih fluktuasi pada bulan berjalan namun secara akumulatif jumlah akhir menunjukkan peningkatan," ujar Endang Guntoro, mendampingi Kadisporapar Lampung Barat, Dahlin.

Keduanya, bersama Kepala Bagian (Kabag) Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Lampung Barat Mazdan, hadir mendampingi Pj. Bupati Nukman. Mereka semringah.

Diinformasikan, Senin bada Zuhur mulai pukul 13.00 hingga 17.00 WIB di tempat yang sama, sebagai bagian rangkaian APPI 2024, pihak kementerian sekaligus menggelar Bimbingan Teknis tema "Strategi Pemasaran Parwisata Nusantara melalui Digitalisasi" diikuti oleh Kadis Pariwisata Provinsi/Kabupaten/Kota.

Dari Lampung Barat, "pak Kadis Dahlin, dan saya sendiri," imbuh Endang Guntoro, dikenal fotografer profesional ini, ihwal peserta.

Sahibul hajat, Menparekraf/Kabaparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, melalui video pendek enam detik, didampingi Pj Bupati Nukman sempat menyapa salam daerah khas Lampung. "Tabikpuun..," sapa dia. (Muzzamil)

Berita Terkini