Polisi Penggali Kubur: Lebih Memilih Luaskan Areal Makam Ketimbang Sekolah Perwira

Selasa, 10 September 2024 11:13
Meski polisi, Bripka Joko Hadi Aprianto menjadi sukarelawan sebagai penggali kubur di tempat tugasnya. Ist

SAMARINDA, HELOINDONESIA.COM - Tak banyak polisi melakukan pekerjaan mulia, seperti  Bripka Joko Hadi Aprianto, 37 tahun, sebagai penggali kubur sejak di SMP. 

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bertemu langsung dengan Joko Hadi Aprianto, anggota  Polsek Samarinda Hulu, pada Senin (9/9/2024). Polisi dengan kerjaan sambilan sebagai penggali kubur.

Pertemuan berlangsung di Polresta Samarinda, Kalimantan Timur. Kapolri memberi apresiasi atas pekerjaan luhur Joko, yang  menyempatkan waktu luang sebagai penggali kubur sukarela selama kurang lebih 23 tahun.

Kapolri berbincang dan mendengarkan pengalaman Joko terjun membantu kesulitan masyarakat yang mengeluh kekurangan lahan pemakaman.

Baca juga: Polwan Polda Metro Jaya Sukses Ukir Juara Badminton Yonex Cup 2024

"Kamu kan anggota polisi sekaligus penggali kubur, apa yang ada di hatimu saat memilih pekerjaan seperti itu?," tanya Kapolri.

"Awalnya sebagai tambahan penghasilan. Sekarang niatnya untuk amal semata," ujar Joko. Ia melanjutkan, pernah nombok alias tekor karena menggratiskan warga tak mampu.

"Membantu masyarakat merupakan pekerjaan mulia," ucap Kapolri. Listyo Sigit sempat menawarkan ikut pendidikan sekolah perwira. 

Namun, Joko lebih memilih berkonsentrasi perluasan makam bagi warga setempat. "Sudah sekolah (perwira) belum. Mau sekolah perwira?," tanya Sigit.

Baca juga: Apa Saja Tugas Paspampres ? Kini Sedang Viral Karena Ada Mahasiswa Befoto dengan Presiden Jokowi Tapi Malah Kena Sikat

"Mohon izin Jenderal, mohon maaf ingin nambah tanah wakaf kuburan karena mulai penuh untuk masyarakat," jawab Bripka Joko.

Kapolri menanggapi keinginan anggotanya. Sigit akan berkomunikasi kepada pihak terkait soal rencana perluasan area makam yang terbatas dan sudah penuh.

"Ini nanti dibantu dikomunikasikan ya," kata Kapolri.

Sigit menekankan, Bripka Joko harus terus konsisten menjadi polisi yang baik dan pelayan masyarakat. Sebagai teladan bagi seluruh personel Korps Bhayangkara.

"Dan tolong niat baik ini diturunkan bukan hanya ke anak-anak mu saja, tetapi juga ke rekanmu yang lain. Terus menjadi polisi yang baik," tutur Sigit.

Baca juga: Viral, Pelaku Tabrak Lari di Ponorogo yang Akibatkan Korban Tewas Telah Tertangkap

Berita Terkini