Mobil Gokart Listrik Hasil Riset Mahasiswa Teknik Elektro USM Dipuji BRIN

Senin, 9 September 2024 16:07
Mobil gokart listrik hasil riset mahasiswa Teknik Elektro USM saat diuji coba di parkiran Menara USM

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Mobil gokart listrik hasil riset mahasiswa Teknik Elektro USM mendapat pujian dari Ketua Pusat Riset Transportasi BRIN Dr Eng Aam Muharam ST MT.

Dr Aam mengapresiasi penelitian mahasiswa USM tersebut saat meninjau langsung mobil gokart yang melakukan uji coba di halaman kampus USM pada 3 September 2024 lalu.

''Untuk riset pertama mahasiswa, gokart listrik ini sudah bagus,'' kata Dr Aam setelah melakukan uji coba gokart listrik di parkiram mobil Menara USM.

Baca juga: Dua Atlet Panjat Tebing Purbalingga Berkontribusi Medali untuk Jateng di PON XXI

Percobaan itu dilakukan bersamaan dengan pengujian alat oleh Tim Penelitian Riset dan Inovasi untuk Indonesia Maju (RIIM) kolaborasi antara USM dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Dalam pengujian tersebut dihadiri Ketua LPPM USM sekaligus Ketua Tim Peneliti Prof Dr Ir Mudjiastuti Handajani MT, anggota dari USM Dr Ari Endang Jayati, ST MT dan Elfira Nureza Ardina ST MTr.

Hadir pula anggota penelitian dari BRIN yaitu Dr Eko Syamsudin Hasrito, Meng dan Siti Vivi Octaviany ST MT.

80 Km

Ketua Tim Peneliti, Prof Dr Ir Mudjiastuti Handajani MT mengatakan, gokart listrik dapat menempuh jarak hingga 80 kilometer dengan kapasitas baterai 100 persen dan waktu pengisian daya penuh selama 2 jam.

Baca juga: Sabet Empat Gelar, USM Juara Umum Bulu Tangkis UGM Cup 2024

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengembangan gokart listrik antara lain performa, pengendali (controller), komponen-komponen lain, dan sistem manajemen baterai.

''Gokart ini merupakan hasil penelitian mahasiswa Teknik Elektro dan merupakan penelitian awal bagi Universitas Semarang untuk ikut berpartisipasi dalam riset mobil listrik di Indonesia,'' ungkap Prof Mudjastuti. (Aji)

Berita Terkini