Kunjungi Pameran BISAFEST di Taman Rejosari Semarang, Mbak Agustin Bikin Laris Dagangan Pelaku Ekraf

Minggu, 8 September 2024 19:11
Agustina Wilujeng saat memuji produk kain salah satu UMKM di BISAFEST.

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Komisi DPR RI, kembali mengadakan BISAFEST, kali ini kegiatan mengambil tema "Gelar Ragam Produk Kreatif Nusantara" tersebut dilaksanakan di Taman Rejosari, Kelurahan Rejosari, Semarang Timur, Kota Semarang, Minggu 8 September 2024.

Puluhan pelaku UMKM dari berbagai wilayah yang ada di Kota Semarang mengikuti kegiatan itu, dan mereka juga menjual produk dagangannya di pameran UMKM yang berada mengitari area kegiatan dilakukan.

Acara yang diinisiasi oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI Agustina Wilujeng Pramestuti atau akrab disapa Mbak Agustin itu berlangsung meriah. Mbak Agustin yang juga merupakan Calon Wali Kota Semarang itu disela kegiatan memborong barang dagangan para pelaku UMKM.

Baca juga: Saksi Ahli KPU Tegaskan Parpol Hanya Bisa Ajukan Satu Paslon dan Dilarang Tarik Dukungan

Semua stan UMKM yang ada di pameran tersebut, dikunjungi oleh Mbak Agustin kemudian barang dagangan mereka diborong sama ibu tiga anak tersebut. Hal itu tentunya membuat para pelaku UMKM senang.

Dalam sambutannya Mbak Agustin meminta para pelaku UMKM di Kota Semarang untuk bisa mempertahankan kualitas produk unggulannya.

"Sustain yang penting dan jangan berhenti produksi. Mudah-mudahan saya dapat nomor-nomor kontak dari pelaku ekonomi kreatif (ekraf) sehingga saat saya butuh apa-apa bisa langsung pesan," pesannya.

Tantangan

Mbak Agustin mengungkapkan tantangan yang dihadapi oleh para pelaku UMKM adalah mencari pembeli produknya. "Ini kelihatannya ibu-ibu (pelaku Ekraf) diorder 2-3 hari diminta untuk ikut pameran langsung cepat. Tantangan yang dihadapi (pelaku Ekraf) adalah siapa yang akan membeli," ujarnya.

"Nah kalau sudah dapat pembeli, apakah ibu-ibu ini bisa sustain itu adalah tugas pemerintah kota untuk melakukan pelatihan terus menerus. Jadi mendatangkan pelanggan dan membuat ibu-ibu ini tetap semangat untuk memproduksi, jadi jangan sampai ada pelanggan yang datang barangnya tidak ada," beber Mbak Agustin.

Baca juga: Berasal dari Gurun Amerika Utara, Ini Manfaat Minyak Jojoba Bagi Kesehatan

Salah satu pelaku Ekraf yang barang produksinya dilarisi oleh Mbak Agustin adalah Yeyen pemilik Yeyen Art yang membuat baju batik dan lukisan menggunakan bahan-bahan pewarna alami.

Yeyen mengaku senang barang dagangannya dilarisi sama Mbak Agustin. Ia pun berharap banyak pejabat publik yang mencontoh apa yang dilakukan Mbak Agustin dengan melarisi dagangan para pelaku Ekraf. "Bagus seperti itu, kalau bisa dari pejabat bisa membeli produk UMKM biar laris," kata Yeyen.

Yeyen mengharapkan Kota Semarang sering mengadakan even pameran untukpelaku Ekraf. "Sering-sering saja diadakan even seperti ini, biar dagangan kami bisa ditampilkan dan laku," imbuhnya. (Aji)

Berita Terkini