Di Kegiatan Pakem, Rektor: USM itu tak hanya Ingin Megah Gedungnya, tapi juga Kualitas

Minggu, 8 September 2024 08:19
Rektor USM Supari bersama kreator konten edukasi Danang Giri Sadewa saat acara Pakem

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - ''USM berkembang dari Universitas Sebelah Masjid, menjadi Universitas Siang Malam, kemudian Universitas Sangat Murah, dan bergeser menjadi Universitas Semakin Megah ditandai dengan beberapa gedung yang megah. Salah satunya Gedung Menara USM menjadi Eye Catcher-nya Semarang Timur. USM tidak hanya ingin megah gedungnya, tapi juga megah kualitasnya''.

Ungkapan tersebut diungkapkan Rektor Universitas Semarang (USM), Dr Supari ST MT dalam sambutannya dalam Pengenalan Akademik dan Kegiatan Mahasiswa (Pakem) Mahasiswa Baru USM yang berlangsung di Gelora Prof Sudarto SH, USM pada Sabtu 7 September 2024.

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua Dewan Penyantun USM, Prof Dr Mohammad Mahfud MD SH, SU MIP, anggota Dewan Penyantun USM Dr. Hendarman Supandji SH CN, Sigit Pramono SE. MBA., dan Dr H Emil Elestianto Dardak SPWK MScPhD, para Anggota Dewan Penasihat USM, Dr Ir Agus Indarjo MPhil, dan Prof Dr Ir V Priyo Bintoro MAg.

Baca juga: Prof Mahfud MD Berikan Kuliah Umum Wawasan Kebangsaan dalam Pakem USM

Hadir pula Anggota Pembina Yayasan Alumni Undip, Ir Soeharsojo IPU, Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip, Prof Dr Ir Hj. Kesi Widjajanti SE MM, Segenap Jajaran Yayasan Alumni Undip, Ketua Senat, Prof Dr Hardani Widhiastuti MM,Psikolog, para wakil Rektor USM, sekretaris universitas, para dekan, wakil dekan, hingga direktur pascasarjana.

Lebih lanjut, Supari mengatakan, USM telah memenuhi persyarakat sertifikat ISO tentang Sistem Manajemen Pendidikan Tinggi, ISO 9001:2015 tentang Sistem Manajemen Mutu, dan ISO 37001:2016 tentang Antipenyuapan.

''Kita bergerak untuk menjadi kampus yang bersih dan bebas dari korupsi. Saya kira mental-mental itu yang kritis untuk ditanamkan pada calon-calon pemimpin Indonesia Emas. Ini merupakan bentuk pengakuan internasional tentang kualitas USM. Di USM, mahasiswa tidak hanya belajar tentang IPTEKS tapi juga belajar mengembangkan soft skill, misalnya melalui UKM yang menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan bakatnya,'' lanjutnya.

Dia juga menyebutkan akan ada sejumlah beasiswa yang didapatkan mahasiswa berprestasi bahkan sudah dipikirkan karir di masa depan yang terpilih oleh kampus.

Pemakain Atribut

Sementara itu, sebanyak 3.540 mahasiswa diterima langsung oleh Rektor USM yang ditandai oleh pemakaian atribut USM kepada perwakilan mahasiswa baru dengan didampingi oleh Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH.

''Selamat datang di USM tercinta, kampus yang senantiasa bertekad mengantarkan mahasiswanya menjadi insan yang profesional tetapi berkeindonesiaan, sehingga akan unggul di masa yang akan datang. USM, Jembatan Masa Depan Anda,'' ujar Supari.

Baca juga: Usung Lakon Pandawa Pitu, Ngesti Pandowo Pikat Ratusan Milenial di Wayang On The Street

Kegiatan tersebut berlangsung meriah, ditambah dengan kedatangan Konten Kreator yang sedang naik daun, Danang Giri Sadewa yang hadir untuk mengejutkan para mahasiswa baru USM.

''USM ini sungguh luar biasa. Tidak semua kampus di Indonesia, saya datangi. Tetapi universitas yang saya samperin itu adalah universitas yang patut dan layak untuk dipertimbangkan karena punya hal-hal yang baik dan bagus serta USM salah satu kampus yang Unggul baik di Jawa Tengah dan Indonesia. Aku datang ke sini akhirnya itu jadi satu hal yang membanggakan buat aku,'' ucap Danang saat wawancara terpisah.

Danang berpesan kepada para mahasiswa agar tetap semangat tanpa membandingkan diri sendiri dengan orang lain maupun kampus lain. Sebab, kunci hidup adalah ketik fokus dengan apa yang diri sendiri punya.

''Pesannya dimanapun teman-teman belajar sebenarnya harus tetap semangat, jangan bandingkan diri dengan orang lain dan kampus lain, karena kunci-kunci hidup adalah kita fokus dengan apa yang kita punya, bukan membandingkan dengan apa yang orang lain punya,'' tegasnya.

Sementara itu, kegiatan Pakem USM masih terus berlanjut hingga 9 September 2024 yang dilanjutkan dengan pengenalan per fakultas di USM dan Seluruh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di lingkungan USM. (Aji)

Berita Terkini