Kekeringan Masih Berlanjut, Empat Desa di Banjar Kalsel Bergantung Suplai Air Bersih

Minggu, 8 September 2024 08:25
pendistribusian air bersih di Desa Muara Halayung Kabupaten Banjar dilakukan BPBD & EBR. (ist/ Bagikan air bersih

BANJAR, HELOINDONESIA.COM - Kemarau yang melanda Provinsi Kalimantan Selatan berdampak di beberapa wilayah. Salah satunya kekeringan yang melanda Kecamatan Beruntung Baru, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Terutama di Desa Babirik, Desa Muara Halayung, Desa Kampung Baru, dan Desa Haur Kuning. Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar, Warsita, pada Sabtu (7/9/2024).

Menurut Warsita, pendistribusian air bersih ke empat desa tersebut telah dilakukan sejak 19 Agustus 2024. Hingga Rabu (4/9/2024), total air bersih yang telah didistribusikan mencapai 125.400 liter.

“Kami melakukan pendistribusian menggunakan dua truk tangki setiap tiga hari sekali. Air bersih diletakkan di tempat strategis yang mudah dijangkau oleh masyarakat,” ujar Warsita.

Ia menjelaskan bahwa daerah tersebut memang menjadi langganan kekeringan karena terletak di wilayah pasang surut. Saat musim kemarau tiba, wilayah tersebut hampir pasti menjadi yang pertama kali dilanda kekeringan.

“Memang setiap musim kemarau, daerah itu selalu terdampak. Kemarin sempat turun hujan deras selama dua hari, tetapi karena baru saja turun hujan, kebutuhan air bersih masih tetap diperlukan,” tambah Warsita.

Warsita berharap hujan yang turun dapat mengurangi jumlah air bersih yang perlu disuplai. Meski dengan keterbatasan jumlah petugas, pihaknya mengaku tetap siap siaga memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat.

Berita Terkini