Kirab Pembawa Api PON XXI Dilepas Kapolres Simalungun Menuju Pematang Siantar

Senin, 2 September 2024 13:36
Pasukan Kirab Pembawa Api PON XXI Aceh-Sumut 2024, dilepas Kapolres Simalungun AKBP Choky Sentosa Meliala, Menuju Pematang Siantar, Senin 2 September 2024. Lilik Riadi Dalimunthe

HELOINDONESIA.COM - Pasukan Kirab Pembawa Api PON XXI Aceh-Sumut 2024, dilepas Kapolres Simalungun AKBP Choky Sentosa Meliala, Menuju Pematang Siantar, Senin 2 September 2024.

Kabupaten Simalungun menjadi saksi perhelatan nasional. Prosesi pemberangkatan ini dilakukan secara resmi oleh Bupati Simalungun yang diwakili oleh Kapolres Simalungun, AKBP Choky Sentosa Meliala, dalam upacara yang digelar di halaman Kantor Bupati Simalungun, Pamatang Raya, Sumatera Utara, pada Senin 2 September 2024.

Upacara pemberangkatan tersebut dimulai pada pukul 08.00 WIB, dipimpin langsung oleh Kapolres Simalungun, AKBP Choky Sentosa Meliala. Bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Kapten Infanteri P. Sitorus, Danramil 12/Tigarunggu, dan sebagai Perwira Upacara, Adnadi Girsang, Kasatpol PP Kabupaten Simalungun. Prosesi ini menandai perjalanan selanjutnya Kirab Api PON XXI Aceh-Sumut 2024, yang akan membawa semangat persatuan dan kegigihan menuju Kota Pematangsiantar.

Dalam kesempatan ini, Kapolres Simalungun, AKBP Choky Sentosa Meliala, membacakan sambutan tertulis Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga. Kapolres menyampaikan bahwa momentum kirab ini tidak hanya menjadi tanda dimulainya persiapan menuju puncak acara PON, tetapi juga sebagai momen penting untuk menyatukan semangat seluruh masyarakat Kabupaten Simalungun tanpa terkecuali.

"Provinsi Sumatera Utara pernah menjadi tuan rumah PON pada tahun 1953, dan tahun 2024 ini, Sumatera Utara kembali menjadi tuan rumah bersama dengan Provinsi Aceh. Tentu ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi kita, karena gema PON telah bergaung dari Kabupaten Simalungun ke seluruh penjuru Republik Indonesia," ujar Kapolres saat membacakan pidato.

Kapolres melanjutkan, Kirab Api yang dibawa dalam perhelatan ini bukan sekadar simbol, melainkan juga api semangat yang melambangkan kegigihan, keberanian, dan ketekunan. Kirab yang dimulai dari Provinsi Aceh telah tiba di perbatasan Sumatera Utara dan kini berada di Kabupaten Simalungun. "Semangat PON harus terus berkobar, tidak hanya di hati para atlet, tetapi juga di hati seluruh masyarakat Indonesia," tegas Kapolres.

Kabupaten Simalungun, sebagai salah satu daerah di Sumatera Utara yang menjadi tuan rumah PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024, berkomitmen untuk mendukung penuh pelaksanaan ajang olahraga nasional ini. "Kami yakin bahwa dengan persiapan yang matang dan dukungan penuh dari seluruh lapisan masyarakat, kita dapat menyelenggarakan PON, tidak hanya meriah tetapi juga berkelas dan sukses," tambahnya.

Kapolres juga menyoroti pentingnya mencapai kesuksesan di berbagai aspek dalam penyelenggaraan PON, termasuk sukses prestasi, sukses penyelenggaraan, sukses administrasi, sukses pemberdayaan ekonomi rakyat, serta pemanfaatan venue pasca-PON. "Kesuksesan itu di antaranya adalah sukses prestasi, sukses penyelenggaraan, sukses administrasi, sukses pemberdayaan ekonomi rakyat, dan pemberdayaan atau pemanfaatan venue pasca-PON," jelas Kapolres.

Kapolres berharap melalui PON XXI ini, semangat kebersamaan dapat semakin erat di antara seluruh elemen masyarakat, sehingga seluruh rangkaian acara dapat dinikmati dengan meriah, aman, dan sukses. "Kami berharap melalui PON ini, semangat kebersamaan kita semakin erat, dan semua dapat menikmati sebuah perhelatan olahraga yang meriah, aman, dan sukses," pungkas Kapolres.

Setelah upacara pemberangkatan selesai, Pasukan Kirab Pembawa Api PON XXI Aceh-Sumut melanjutkan perjalanan menuju Kota Pematangsiantar. Rombongan dilepas dengan semangat yang menggelora oleh seluruh peserta upacara dan masyarakat yang hadir.

Api PON XXI Aceh-Sumut 2024, yang merupakan simbol persatuan dan semangat olahraga, diharapkan dapat menjadi pemersatu seluruh bangsa Indonesia dalam rangkaian perhelatan Pekan Olahraga Nasional yang akan segera digelar. Kabupaten Simalungun merasa bangga dan berkomitmen penuh untuk mendukung suksesnya PON kali ini, sebagai salah satu bentuk partisipasi aktif dalam menyukseskan ajang olahraga terbesar di Indonesia.

Berita Terkini