Telah Dibangun Pasar Representatif, Masih Ada Pedagang Bandel

Sabtu, 31 Agustus 2024 17:33
Sudah disiapkan pasar yang representatif, pedagang tetap buka lapak yang buat kumuh dan memacetkan lalu lintas (Foto Ist) Helo Lampung

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -- Pedagang masih saja ada yang bandel tetap membuka lapak di tepi Jl. Imam Bonjol, Tanjungkarang Pusat, Kota Bandarlampung. Padahal, Pemkot Bandarlampung sudah menyediakan tempat agar tertata dan tak macet.

Pemkot Bandarlampung telah menyediakan lapak-lapak yang lebih representatif di Pasar SMEP, Jalan Batusangkar, Kelapa Tiga. Presiden Jokowi juga baru meresmikan pasar Pasir Gintung yang bersih.

Sabtu (31/8/2024), Sat Pol PP terpaksa memindahkan para pedagang yang bandel agar lalu lintas lancar, tak mengganggu pejalan kaki, dan tak kumuh sesuai Perda Kota Bandarlampung No 1 Tahun 2018.

Sekdakot Bandarlampung Iwan Gunawan sudah memberikan Surat Peringatan No. 800/237/11.03/2023 pada 12 Agustus 2023 mengacu Pasal 30, ayat 2 dan Pasal 32, ayat 1.

Bahkan, sebelum surat dikirim, menurut seorang personel Pol PP, para pedagang sudah dihimbau agar masuk ke Pasar Smep. Namun, masih ada saja pedagang yang tetap membuka lapaknya di tepi jalan.

Pemkot Bandarlampung telah membangun Pasar Smep yang dapat menampung 500 kios dan hamparan untuk pedagang yang saat ini masih berjualan di pinggir jalan dan di atas drainase.

Menurut Kepala Dinas Perdagangan Kota Bandarlampung Wilson Faisol, agar wajah kota apik dan tertib, perlu kerjasama dengan semua pihak, masyarakat dan pedagang, sesuai Perda No 1 Tahun 2018. (Hajim)

 - 

Berita Terkini