Hasil Tes Kesehatan Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng Diumumkan 3 September dalam Rapat Pleno

Jumat, 30 Agustus 2024 11:43
Ahmad Luthfi - Taj Tasin Maimoen saat berada di RSUP dr Kariadi untuk tes kesehatan

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Dua pasangan calon (Paslon) gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah Andika Perkasa - Hendrar Prihadi dan Ahmad Luthfi - Taj Tasin Maimoen menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUP dr Kariadi Semarang, pada Kamis 29 Agustus 2024.

Seperti diketahui, tes ini merupakan salah satu syarat wajib bagi paslon untuk mengikuti proses Pilkada. Duet Andika dan Hendi di RSUP dr Kariadi sekitar pukul 06.45 WIB, disusul pasangan Luthfi dan Taj Yasin datang sekitar pukul 07.20 WIB.

Baca juga: Proses Gugatan Sengketa Dico - Ali Memakan Waktu 12 Hari

Kedatangan keduanya disambut Ketua KPU Jawa Tengah Handi Tri Ujiono, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Tengah, Brigjen Agus Rohmat dan sejumlah dokter dari RSUP dr Kariadi. Sema proses pemeriksaan dilakukan di Paviliun Garuda.

Ketua tim pemeriksa kesehatan dari RSUP dr Kariadi, dr Thomas Handoyo menjelaskan, ada tiga tahapan pemeriksaan yang akan dijalanakan oleh masing-masing pasangan calon. Mulai dari kesehatan jasmani, kesehatan mental, dan tes bebas narkoba.

"Untuk pemeriksaan fisik mengecek penyakit dalam seperti jantung, paru-paru. Lalu bedah urologi, psikiatri, penyakit di mulut pemeriksaan mata," jelas Thomas.

Baca juga: Pelukan Ibunda Nyalakan Semangat Mbak Agustin Maju di Pilkada Kota Semarang 2024

Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan darah darah mulai dari fungsi darah putih kemudian fungsi ginjal liver, pemeriksaan ultrasol up to men hingga pemeriksaan MRI.

"Sesuai peraturan KPU kita memberikan hasil tanggal 3 September itu akan dilakukan dalam bentuk pleno bersama diikuti oleh ketua tim dan 50 persen anggota pemeriksa dari tim penilai kemudian kita rekomendasikan ada dua, fit atau bukan fit," tandas Thomas.
Siap
Paslon dari PDIP Andika Perkasa mengatakan, dirinya sudah sangat siap mengikuti tes kesehatan sebagai salah satu syarat maju Pilgub Jateng 2024.

Baca juga: Dua Hari Gigit Jari, Jateng Masih Menanti Medali dari Senam PON

"Kalau kesiapan kami sudah siap karena saya pribadi setiap 2 minggu sekali itu cek darah," ujar Andika di RSUP dr Kariadi, Kamis 29 Agustus 2024.

Andika menyebut, dirinya juga sudah melakukan tes urine yang langsung dipantau oleh BNN.

"Pertama, puasa. Lalu cek urine dari BNN, lalu makan pagi, lalu lanjut lagi," jelas mantan Panglima TNI itu.

Sementara itu, paslon dari KIM plus Ahmad Luthfi, menegaskan dirinya dalam kondisi fit dan prima hari ini. Ia berharap ia lolos dalam tes kesehatan ini.

"Semoga kesehatannya lolos dan lulus. Karena ini menentukan daripada proses pemilihan ke depan. Nggak ada persiapan karena kita sehat terus. Saya tidur, jam 5 bangun karena tadi malam puasa, 10 jam harus puasa. Tapi tadi sudah sarapan," imbuh Luthfi yang masih berdinas di Kementerian Perdagangan itu. (Aji)

Berita Terkini