KPU Kalsel Nyatakan Pendaftaran Muhidin-Hasnuryadi Diterima

Kamis, 29 Agustus 2024 19:29
KPU Kalsel Nyatakan Pendaftaran Muhidin-Hasnuryadi Diterima Pilkada Kalsel

BANJARMASIN, HELOINDONESIA.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Selatan secara resmi menerima berkas pendaftaran pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel, H. Muhidin dan Hasnuryadi Sulaiman, pada Kamis (29/8/2024).

Kedatangan Muhidin dan Hasnuryadi di KPU Kalsel berlangsung dengan suasana yang sangat sederhana dan merakyat, diiringi oleh sholawat dari para relawan yang menyambut mereka. Ketua KPU Kalsel, Andi Tenri Sompa, menyatakan bahwa berkas pendaftaran pasangan bakal calon tersebut telah diverifikasi.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan, pendaftaran dinyatakan diterima," ujar Andi Tenri Sompa.

Tenri menjelaskan bahwa sebelumnya pihaknya telah memeriksa kelengkapan dan kebenaran dokumen persyaratan pencalonan. "Kami juga memastikan kelengkapan persyaratan calon," tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Tenri juga merincikan perolehan suara sah partai politik pengusung dan pendukung pasangan Muhidin-Hasnuryadi. Di antaranya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan 212.566 suara,

Partai Amanat Nasional (PAN) dengan 237.522 suara, Partai Demokrat dengan 122.703 suara, Partai Perindo dengan 8.435 suara, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dengan 23.812 suara. "Sehingga total suara sah mencapai 605.038 atau 27,68 persen," jelasnya.

Sementara dalam sambutanya, Muhidin mengaku bangga bisa berpasangan dengan Hasnur. Pasalnya, Hasnur yang terpilih sebagai anggota DPR RI rela mundur dari jabatan tersebut. “Saya bangga Hasnur mencalon, karena beliau calon DPR RI, tapi mau berkorban jabatan itu untuk memajukan Banua,” ujar Muhidin.

 Selain itu, Muhidin juga mengungkapkan alasannya mengapa mendaftar di hari terakhir. Sebab ujarnya, pihaknya masih perlu melakukan kelengkapan berkas. “Kenapa terakhir, ingin memenuhi berkas yang tertinggal,” ujar Wakil Gubernur Kalsel yang tengah menjalani masa cuti ini.

Berita Terkini