Usai Demo Fasum di Balai Kota Langsung Diperbaiki, Mbak Ita: Pelayanan Harus Berjalan

Selasa, 27 Agustus 2024 14:58
Ade
DIPERBAIKI: Sejumlah karyawan dari beberapa OPD langsung membersihkan sisa-sisa demo berupa tulisan yang ada di tembok Balai Kota Semarang. Foto: Dok

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM -Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu menginstruksikan jajarannya untuk gerak cepat membenahi sejumlah fasilitas umum (Fasum) di Balaikota Semarang yang mengalami kerusakan dan juga membersihkan coretan-coretan di tembok balaikota usai demonstrasi yang terjadi pada Senin (26/8/2024) sore.

Nampak beberapa OPD seperti Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), Disperkim, Distaru, Diskominfo, Bagian Rumah Tangga, Bagian Tata Usaha serta bantuan dari Kecamatan Semarang Tengah, Semarang Barat dan Semarang Utara bahu membahu melakukan upaya pembenahan dan pembersihan di seputaran halaman depan balaikota.

Wali kota yang akrab disapa Mbak Ita mengatakan ada sejumlah fasilitas umum yang mengalami kerusakan akibat demonstrasi tersebut, di antaranya CCTV yang ada di sisi depan gerbang balaikota, pot-pot tanaman, taman samping gedung Co Working Space atau CWS, huruf-huruf tulisan Balaikota juga copot, coretan-coretan di tembok dan lantai depan balaikota serta pagar gerbang balaikota.

Seperti diketahui demo mahasiswa dan massa yang berlangsung di depan Balaikota, semula berjalan dengan damai. Namun, diduga ada provokator yang menyusup demo berakhir anarkis. Fasilitas-fasilitas umum yang ada di Balai Kota Semarang jadi sasaran. Beberapa tembok juga mendapatkan tulisan-tulisan dari pendemo.

Fasilitas

Demo juga mengakibatkan akses Jalan Pemuda Kota Semarang ditutup total dari dua arah. Apalagi ketika sehabis maghrib demo mulai anarkis, pendemo mencoba memancing petugas. Petugas kepolisian sempat mengejar pendemo sampai ujung Jalan Pemuda.

"Usai demo selesai OPD terkait langsung memperbaiki beberapa fasilitas yang rusak seperti pagar, CCTV dan pot-pot bunga yang hancur dan menghapus coretan-coretan di tembok serta membersihkan sampah yang berserakan. Dengan demikian, besok (hari ini, Red) pelayanan masyarakat di balaikota bisa berjalan seperti biasa," tutur Mbak Ita, Senin (26/8/2024) malam.

Terpantau, kondisi fasilitas umum seperti pintu masuk dan pintu keluar balaikota sudah dibenahi seperti semula. Coretan-coretan di tembok dan halaman depan balaikota juga sudah nampak kembali bersih. (ADE)

Berita Terkini