UPZ Masjid Alqodar Sendangmulyo Semarang Raih Baznas Award 2024

Senin, 26 Agustus 2024 09:45
Ketua Pengurus Yayasan Masjid Alqodar Isdiyanto Isman (kiri) bersama Ketua UPZ Sabar Waluyo saat menerima penghargaan Baznas Award 2024

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM -  Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Masjid Alqodar Sendangmulyo meraih Baznas Award 2024 untuk kategori Kelembagaan Terbaik dalam Penganugerahan Baznas Award 2024 di Gedung Gradhika Bhakti Praja Pahlawan, Semarang, Sabtu 24 Agustus 2024.

Penghargaan dengan kategori sebagai Kelembagaan Terbaik diterima Ketua Pengurus Yayasan Masjid Alqodar Sendangmulyo, Isdiyanto Isman dan Ketua UPZ Masjid Alqodar, Sabar Waluyo.

Sejumlah pengurus Masjid Alqodar hadir dalam penyerahan penghargaan tersebut antara lain Ketua Pengurus Yayasan Masjid Alqodar Isdiyanto Isman, Ketua UPZ Masjid Alqodar Sabar Waluyo, pengurus Masjid Alqodar Kiai Mashaditomo, H Mustofa, Ponijo, Priyono, H Samsul Hadi, K Slamet Waluyo Jati, dan Hamboro.

Baca juga: Riset Inovatif Diperlukan untuk Peningkatan Kualitas Masyarakat

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Semarang, Arnaz Agung Andrarasmara mengatakan, Baznas ikut andil selama tujuh tahun berjalan menjadi bamper-nya Kota Semarang dalam pengentasan kemiskinan warga.

Kemiskinan memiliki dua faktor dalam upaya pengentasanya yaitu faktor kurangnya akses informasi atas mustahik (golongan penerima zakat) dan faktor pengurangan ketidakpedulian warga yang mampu atas kewajiban berzakat sesuai tuntunan wajib rukun Islam ketiga.

''Kewajiban untuk menunaikan zakat dalam rukun Islam merupakan kewajiban utama di syariah agama Islam, sedangkan Baznas hanyalah sebagai fasilitator. Program utama Baznas adalah pengentasan kemiskinan dari mustahik menjadi muzaki,'' katanya.

Pengentasan Kemiskinan

Dia berharap, Baznas Award tersebut adalah ajang penyampaikan penghargaan atas upaya bersama dalam setiap program Baznas dalam pengentasan kemiskinan dengan informasi yang cukup kepada masyarakat.

Ketua Baznas Jawa Tengah, KH Ahmad Darodji mengatakan, anugerah Baznas Award tersebut sebagai bentuk laporan kepada para muzaki dan sekaligus pemberikan penghargaan kepada para lembaga lembaga UPZ yang telah ikut penyuksesan program pengentasan kemiskinan masyarakat.

''Program Baznas antara lain memberikan pelatihan kerja masyarakat, memberikan bantuan konsumtif berupa alat-alat prasarana ke sejumlah masjid di Kota Semarang,''ujarnya.

Baca juga: Sensasi Berlari di Hutan Bambu: Fun Trail Run Parigi Baru Gaungkan Semangat Kebersamaan Masyarakat Tangsel

Pemerintah Provinsi Jateng yang di wakili Imam Maskur, yang sekaligus mewakili Pj Gubernur Jateng mengatakan, Pemprov Jateng memiliki program penangggulangan kemiskinan melalui tiga cara.

Pertama, melalui Charity yaitu bantuan tunai, kedua peningkatan pelatihan kerja dan modal kepada usaha kecil mikro. Ketiga mengurangi jumlah rumah tidak layak huni (RTLH), pembuatan jamban, penyambungan listrik bagi warga yang tidak mampu.

Ketua UPZ Masjid Alqodar Sendangmulyo, Sabar Waluyo mengungkapkan rasa hormat dan syukurnya atas penghargaan yang diraih sebagai Kelembagaan Terbaik 2024.

''Alhamdulilah kami sangat bersyukur menerima penghargaan dari Baznas sebagai apresiasi yang sangat mulia kepada lembaga UPZ Masjid Sendangmulyo,'' kata Sabar.

Sabar mengatakan, selama ini pihaknya telah menjalankan perannya dengan baik untuk ikut mengentaskan kemiskinan.

Hal itu pun berimbas pada peningkatan pengelolaan dana zakat, infak, dan sedekah yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

''Alhamdulilah Baznas semakin baik, semakin menjalankan tugasnya sebagai thoyyibatun wa robbun ghofur,'' ujarnya.

Dia berharap, agenda Baznas Awards pada tahun-tahun berikutnya bisa semakin maju dalam meningkatkan kebermanfaatan bersama.

''Semakin jaya, semakin bermanfaat, dan semakin menjadi barokah bagi semua yang membutuhkan,'' ungkapnya.

''Yuk kita berzakat di Baznas, dengan berzakat bisa membangun Indonesia yang thoyyibatun wa robbun ghofur,'' pungkasnya. (Aji)

Berita Terkini