Empat Pemuda Bali Lupa Jalan untuk Turun, Tersesat di Gunung Batukaru Beruntung Ditemukan Tim SAR

Sabtu, 24 Agustus 2024 16:07
Empat pemuda Bali yang Tersesat di Gunung Batukaru Bali akhirnya ditemukan tim SAR dari Basarnas setempat Denpasar, Provinsi Bali. ig @basarnas_bali

HELOINDONESIA.COM - Jika Anda tidak memiliki pengalaman dalam mendaki gunung, jangan sekali-kali melakukan pendakian sendirian, meskipun berkelompok.

Jadi upayakan salah satu di antara anggota kelompok ada yang sudah berpengalaman melakukan pendakian, khususnya mendaki gunung yang sepi, tanpa ada pendaki lain.

Seperti yang dialami pendaki di Gunung Batukaru, Provinsi Bali ini, empat orang pemuda tersesat di Gunung Batukaru saat hendak turun kembali menuju kaki gunung, Kamis, 22 Agustus 2024.

Baca juga: Membaca Demokrasi Era Prabowo-Gibran, Reformasi Kembali ke Nol

Mereka tidak menemukan jalan mna yang harus mereka lalui, namun beruntung akhirnya berhasil ditemukan tim Search and Rescue (SAR) setempat.

Mereka mulai mendaki pagi hari sekitar pukul 07.00 Wita, ketika berada di ketinggian kurang lebih 1752 MDPL, keempat nya tak bisa menemukan jalan untuk kembali.

Beruntung para pemuda ini berhasil melakukan komunikasi dengan tim SAR hingga akhirnya mereka meminta bantuan untuk evakuasi.

Baca juga: Kekerasan Terhadap Perempuan Ibarat Gunung Es, Perempuan Harus Berani Adukan ke Polisi

Dari laporan yang diterima Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar pada pukul 14.00 Wita, diketahui identitas korban atas nama:
1. Made Satria Nadi Kusuma (19).
2. David Hartawan (19),
3. I Komang Rizki Putra Wibawa
4. I Made Agus Satria Winanta (19).

Segera setelah menerima informasi tersebut, diberangkatkan tujuh personem dari Pos SAR Buleleng.

Upaya penyisiran juga melibatkan unsur SAR lainnya dari Polsek Pupuan, Kepala Dusun Pupuan, Bhuana Bali Rescue, Babhinkamtibmas dan Babinsa Desa Pujungan serta pemandu lokal.

Baca juga: Kekerasan Terhadap Perempuan Ibarat Gunung Es, Perempuan Harus Berani Adukan ke Polisi

Sekitar 11 orang tim SAR gabungan memulai pendakian pada pukul 16.55 Wita, menuju lokasi diperkirakan korban berada.

"Setelah cukup lama pencarian akhirnya mereka berhasil ditemukan pada pukul 20.45 Wita di ketinggian 1775 mdpl dalam keadaan sehat," jelas I Nyoman Sidakarya, S.H., selalu Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar. Selanjutnya ke empat korban tersebut dipandu menuju posko gabungan di Pura Batur Sari, Pupuan.

Baca juga: Bakauheni Harbour City: Katalisator Pertumbuhan Pariwisata dan Ekonomi Lampung

Akhirnya pada Jumat, 23 Agustus 2024, sekitar pukul 01.55 Wita, tim SAR gabungan beserta korban tiba di Posko Pura Batur Sari, kemudian mereka dijemput oleh pihak keluarga.

Ini tentu menjadi pelajara bagi para pendaki pemula, agar berhati-hati ketika hendak melakukan pendakian gunung jika tidak ada yang berpengalaman di antara kelompoknya itu. (dodo hawe)

Berita Terkini