Lusa Diresmikan Jokowi, Lancar Evakuasi Pedagang Pasir Gintung

Sabtu, 24 Agustus 2024 09:35
Para pedagang evaluasi masuk pasar yang baru selesai direvitalisasi (Foto Hajim/Helo) Helo Lampung

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM-- Dua hari jelang kedatangan Presiden Jokowi untuk meresmikan Pasar Pasir Gintung, Pemkot Bandarlampung mengawal evakuasi 300 pedagang masuk pasar yang telah selesai direvitalisasi pada Sabtu pagi (24/8/2024).

Tim Gabungan Dinas Perdagangan Kota Bandarlampung mengawasi proses evakuasi bersama unsur TNI-Polri, Pol PP, Dishub, Damkar, BPBD untuk mengamankan jalannya pemindahan 300 pedagang.

Para pedagang yang sudah ada lapaknya dengan sistem undian dipersilahkan masuk pasar. Sehingga, tak ada lagi pedagang berjualan di sepanjang Jalan Pisang dan Imam Bonjol, kata Sekdakot Iwan Gunawan.

Dijelaskannya juga, sesuai kebijakan Wali Kota Eva Dwiana para pedagang digratiskan menempati lapak secara gratis selama 3 bulan. Namun, iuran untuk kebersihan tetap ada, katanya kepada Helo Indonesia.

Sebelumnya, Kamis (22/8/2024), Pj Gubernur Samsudin bersama Wali Kota Eva Dwiana meninjau persiapan kedatangan Presiden RI Jokowi yang akan meresmikan Pasar tersebut di Jalan Pisang, Kelurahan Palapa, Kecamatan Tanjungkarang Pusat, Senin (26/8/2024).

Pantauan Helo Indonesia, pada pedagang ikut membongkar lapaknya masing-masing dan berkemas membuka dagangan di lapak dalam pasar yang dibangun Kementerian PUPR senilai Rp24 miliar. (Hajim)

 - 

Berita Terkini