PAPPRI Lampung Apresiasi Seniman Musik Berupa Piagam dan Dana

Kamis, 22 Agustus 2024 10:04
Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (DPD - PAPPRI

LAMPUNG,HELOINDONESIA.COM - -- Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (DPD - PAPPRI) Lampung akan menyerahkan piagam dan dana sebagai bentuk apresiasi terhadap sepuluh seniman musik di Lampung.

Acara penyerahan dana apresiasi hasil Konser Tony Wenas The Piano Man Tahun 2024 ini akan dilaksanakan di Gedung Pertunjukan Dewan Kesenian Lampung (DKL), Kompleks PKOR, Wayhalim, Kota Bandarlampung, Minggu (25/08/2024), pukul 14.00 WIB.

Ada 10 seniman musik yang kali ini mendapatkan apresiasi yang terbagi dalam enam kategori: (1) penyanyi lagu daerah, (2) pencipta lagu, (3) pemusik/penata musik, (4) pemusik tradisi, (5) produser/promotor musik, dan (6) guru musik.

R. Hari Jayangingrat, sekretaris DPD PAPPRI Lampung, mengatakan tim seleksi sudah mendapatkan nama dari seniman musik yang mendapatkan apresisasi sesuai sesuai kriteria dan katagorinya, yakni:
1. Norma Utami (penyanyi lagu daerah)
2. Supirman (penyanyi lagu daerah),
3. Chairul Anwar Zen (pencipta lagu)
4. El Hassan Z Alatas (pencpta lagu),
5. M. Effendi, S.Pd. (pemusik/penata musik).
6. Eldi Alfirudi Husen (pemusik/penata musik),
7. Edy Yanto (pemusik tradisi),
8. Tamrin Hidarpi (pemusik tradisi),
9. Riki Tri Purnomo (produser /promotor Musik),
10. Sumardiarso alias Jendol (guru musik)

Ditambahkan Bendahara DPD PAPPRI Lampung Bagus S. Pribadi, penerima bantuan untuk seniman musik merupakan kesepakatan antara DPP PAPPRI dan DPD-DPD PAPPRI di seluruh Indonesia.

Mereka yang menerima apresiasi ini berdasarkan kriteria lamanya berkarir, prestasi dalam kompetisi, dan kontribusi dalam industri musik. Selain itu, kondisi kesehatan dan ekonomi para seniman musik yang membutuhkan bantuan.

Andi Achmad Sampurna Jaya, ketua DPD PAPPRI Lampung menegaskan bahwa piagam dan dana apresiasi yang diberikan merupakan bentuk kepedulian terhadap prestasi dan dedikasi seniman musik Lampung lebih dari 2 dekade.

“Apresiasi yang akan diserahkan DPD PAPPRI kepada 10 seniman musik dari enam katagori berupa piagam dan dana masing-masing Rp3 juta,” beber Kanjeng Andi panggilan karib Ketua DPD PAPPRI Lampung.

Kanjeng Andi berharap pemberian apresisiasi ini akan menjadi stimulan kepada musisi penerima dana bantuan apresiasi ini agar lebih memiliki spirit untuk berkarya, menumbuhkembangkan musik daerah yang memiliki nilai muatan lokal yang tinggi.

Kanjeng Andi menambahkan bantuan dana apresiasi ini diberikan Tony Wenas, ketua umum DPP PAPPRI dan presiden direktur PT. Freeport Tbk, sukses menyelenggarakan Konser The Piano Man pada 7 Juni 2024 di The Ballroom Djakarta Theatre MH Thamrin Jakarta Pusat.

Acara tersebut berjalan lancar dan mendapat dukungan positif dari sponsor dan penonton. “Sebagian keuntungan dari Konser The Piano Man disumbangkan sebagai apresiasi dari PAPPRI kepada seniman musik Indonesia," katanya.

Sesuai komitmen DPP PAPPRI, dana tersebut dibagikan kepada para seniman musik lewat DPD-DPD PAPPRI seluruh Indonesia, termasuk DPD PAPPRI Lampung, sesuai komitmen DPP PAPPRI.

Sementara itu, Angga Rizani, Ketua Bidang Produksi Musik DPD PAPPRI Lampung berharap bantuan dana apresiasi kepada pemusik ini bisa menjadi pemantik kreatifitas seniman untuk terus berkarya.

“Bantuan apresiasi ini merupakan selain merupakan bentuk kepedulian juga agar seniman termotivasi agar terus berprestasi dan berkarya di bidang musik,” imbuh Angga.

“Helat acara ini akan dihadiri tamu undangan, ketua dan anggota 10 bidang DPD PAPPRI Lampung yang akan menyemarakan acara dengan bermusik dan menyanyi secara bergantian,” pungkas R. Hari Jayangingrat. (Rls/HBM)

Berita Terkini