PMI Jateng Dorong Kesiapan Relawan, Logistik dan SDM untuk Siaga Bencana

Rabu, 21 Agustus 2024 21:19
Ketua bidang Informasi dan Telekomunikasi PMI Jawa Tengah, Slamet Budi Prayitno, didampingi Ketua PMI Kabupaten Demak H Akhmad Sugiharto. Foto : jati

DEMAK, HELOINDONESIA.COM - Mendekati puncak musim kemarau dan pergeseran ke musim hujan, PMI Korwil I Jawa Tengah menyelenggarakan rapat koordinasi, Rabu (21/08/2024) bertempat di Kabupaten Demak.

Rakor yang dipimpin Ketua Bidang Informasi dan Telekomunikasi PMI Jawa Tengah Slamet Budi Prayitno itu dihadiri pengurus PMI dari 11 kabupaten / kota di wilayah Korwil I.

Adapun kabupaten/ kota yang dimaksud antara lain Kabupaten Demak, Kudus, Jepara, Pati, Rembang dan Blora. Selain itu Kabupaten Grobogan, Kendal, dan Salatiga. Serta Kabupaten dan Kota Semarang.

Slamet Budi menyampaikan, saat puncak kemarau tidak menutup kemungkinan kekeringan terjadi di beberapa tempat. "Di situ lah perlu adanya peningkatan kewaspadaan dan siap siaga. Apalagi setelah kemarau geser ke musim hujan, siap siaga untuk menolong sesama wajib. Kerjasama antar wilayah yang sudah baik perlu ditingkatkan dan dieratkan," urainya.

Mengenai strategi yang perlu disiapkan, menurut Slamet Budi Prayitno, pertama adalah menyiagakan relawan yang setiap saat siap didorong ke lokasi bencana untuk membantu sesama.

Sedangkan yang kedua, ketua markas wajib menyiapkan logistik. Agar setiap saat siap didorong juga ke lokasi bencana untuk mengurangi beban para korban bencana.

"Yang ketiga, namun tak kalan penting, adalah kompetensi SDM. Sebab relawan yang diterjunkan di lapangan hendaknya yang memiliki keterampilan dan kompetensi. Agar saat di tengah medan bencana, dia tahu apa yang mesti diperbuat untuk selanjutnya berkoordinasi dengan markas PMI dan stakeholder lainnya," kata dia.


Apresiasi
Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Demak H Akhmad Sugiharto ST MT menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya atas kekompakan paguyuban PMI Korwil I Jateng. Seiring aksi kemanusiaan yang telah diberikan bagi warga Karanganyar saat bencana banjir melanda Kabupaten Demak pada Februari silam.

"Terimakasih untuk semua saudaraku yang telah membantu kami pada saat dilanda bencana banjir Karanganyar Februari lalu. Semoga kekompakan yangvtelah terjalin ini semakin kokoh dan erat dengan jalinan silaturahmi," tandasnya. (Jati)

Berita Terkini