Konkernas PWI di Banjarmasin Tolak KLB dan Tetap Akui Kepemimpinan Hendry CH Bangun

Rabu, 21 Agustus 2024 14:45
Konkernas PWI di Banjarmasin Tolak KLB dan Tetap Akui Kepemimpinan Hendry CH Bangun. (ist/helokalsel) Kalsel

BANJARMASIN, HELOINDONESIA.COM - Konferensi Kerja Nasional (Konkernas) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tahun 2024 yang berlangsung di Hotel Aria, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada Rabu (21/8/2024), secara tegas menolak Kongres Luar Biasa (KLB) PWI yang baru-baru ini diadakan di Jakarta. KLB tersebut diselenggarakan oleh individu-individu yang telah dipecat, dan karenanya dianggap tidak sah. Konkernas juga menegaskan dukungannya terhadap Hendry Ch. Bangun sebagai Ketua Umum PWI Pusat periode 2023-2028.

Keputusan ini disampaikan dalam Konkernas yang mengusung tema "Merawat Kebersamaan Menuju PWI yang Lebih Baik", dihadiri oleh ketua dan pengurus dari 30 PWI Provinsi. Acara ini dibuka oleh Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch. Bangun.

Dalam sambutannya, Hendry Ch. Bangun menegaskan bahwa hingga saat ini tidak ada dualisme dalam PWI Pusat. Kepengurusan PWI Pusat yang sah adalah kepengurusan hasil Kongres PWI di Bandung pada 27 September 2023, yang dipimpin oleh Hendry Ch. Bangun sebagai Ketua Umum.

Hendry Ch. Bangun menambahkan bahwa belakangan ini, sejumlah orang yang mengaku sebagai PWI mengadakan KLB. Mereka adalah pengurus yang telah dipecat dan tidak memiliki kewenangan untuk mewakili PWI. "KLB itu diadakan oleh orang-orang yang tidak berwenang dan pengurus yang sudah dipecat. Mereka telah melanggar aturan dan bertujuan tidak baik. Maka dari itu, KLB PWI tersebut tidak sah dan ilegal," tegas Hendry Ch. Bangun.

Sejak terpilih sebagai Ketua Umum PWI Pusat, Hendry Ch. Bangun telah berhasil merealisasikan berbagai program kerja yang dijanjikan dalam Kongres di Bandung, seperti meningkatkan profesionalisme dan wawasan kebangsaan wartawan anggota PWI melalui Program UKW (Uji Kompetensi Wartawan) dan Sekolah Jurnalistik Indonesia (SJI).

Hendry Bangun mengungkapkan bahwa sejak 27 September 2023, PWI Pusat telah sukses mengadakan 20 kali UKW gratis di berbagai provinsi di seluruh Indonesia. "Insya Allah, hingga akhir Desember 2024, semua UKW gratis akan selesai diadakan di 38 provinsi, termasuk satu di PWI Solo," jelasnya.

Selain itu, SJI gratis telah diadakan di empat provinsi dan akan dilaksanakan di empat provinsi lainnya dalam waktu dekat, termasuk Sumatera Utara dan Jawa Timur. Hendry Ch. Bangun juga menjelaskan bahwa dalam kegiatan lain, seperti edukasi dan sosialisasi Pilkada Damai, PWI Pusat di bawah kepemimpinannya juga dipercaya sebagai mitra strategis. Dalam kerjasama internasional, PWI masih diakui sebagai mitra terpercaya oleh Korea Selatan dan China.

"Di tengah dinamika organisasi dan tantangan masa depan, PWI masih diakui eksistensinya dan mendapat kepercayaan tinggi dari berbagai pemangku kepentingan," tutup Hendry Ch. Bangun.

Berita Terkini