Korsleting Listrik, Toko Material di Kota Madiun Hangus Terlalap Api, Mobil Tetangga Gosong Tinggal Kerangka

Selasa, 20 Agustus 2024 12:06
Petugas pemadam kebakaran sedang berjibaku mematikan kobaran api yang membakar bangunan toko material dan tiga mobil. Foto: Heloindonesia

HELOINDONESIA.COM - Sebuah toko material bangunan di Jl. Ciliwung, Kelurahan/ Kecamatan Taman, Kota Madiun, Jawa Timur, Selasa (20/8/2024) pagi mengalami kebakaran hebat. 

Selain bangunan, insiden yang diduga dipicu terjadinya korsleting listrik itu, juga menghanguskan 3 unit mobil dan sejumlah barang berharga.

Percik api diketahui pertama kali menyala di bagian belakang sisi kanan toko milik Sirin (65) tersebut. 

Sebelum membesar, api sempat dilakukan upaya pemadaman oleh pekerja dan warga masyarakat sekitarnya. 

Baca juga: Optimalisasi Produksi Migas untuk Memenuhi Kebutuhan Anak Negeri

Gundukan pasir barang dagangan di lokasi itu, disiramkan bergotong royong untuk memadamkannya. 

Sementara warga lainnya berusaha memadamkannya menggunakan air, menggunakan rimba, ember dan sejumlah peralatan lain. 

Upaya itu tak membuahkan hasil. Api bahkan makin menggila, membesar dan merambat hingga menyulut 3 unit mobil yang terparkir di sampingnya. 

"Saya sendiri tidak tahu kalau toko saya kebakaran. Karena waktu itu saya masih ada kegiatan di mushola. Tahu saya, itu saya berulangkali diteriaki oleh warga, "Pak...tokomu kobongggg...... Cepet muliho," tutur Sirin, sambil menirukan teriakan warga kepada jurnalis.

Baca juga: Bukan Karena Erick Thohir, Begini Alasan Oxford United Rekrut Marcelino Ferdinan

Menurut Sirin, dia menduga percik api bersumber dari korsleting listrik yang berada di langit-langit ruang itu. 

Percikan korslet listrik itu, duganya, jatuh mengenai kasur di bawahnya lalu membesar.

"Iya memang. Di bawahnya ada kasur untuk istirahat karyawan. Di dekatnya ada mobil. Warga sempat menyiram pasir untuk memadamkan. Tapi gak bisa. Malah menyambar mobil," tambah Sirin. 

Tiga unit mobil yang 'tersulap' menjadi kerangka adalah dua minibus dan satu pick up, yang masing-masing bernopol AE 1302....(dua huruf belakang tak terdeteksi), AE 8077 FC dan B 1277 UOO.

Baca juga: Tak Hadiri Undangan di IKN Presiden RI Keenam SBY Melukis Pantai Klayar Bersama Ribuan Pelajar di Pacitan

Dari tiga unit mobil itu, satu unit diantaranya adalah milik tetangga Sirin, yakni Sriyati, yang sengaja dititipkan lantaran belum memiliki garasi. 

Sriyati sendiri mengaku tidak mengetahui kebakaran yang memusnahkan kendaraannya, bahkan uang tunai yang belum sempat diamankan. 

"Saya tidak tahu. Karena waktu kejadian saya sedang menunggu orang tua saya yang opname di RSUD dr. Sayidiman, Magetan. Di dalam mobil saya terdapat uang tunai Rp. 500.000. Ikut lenyap," aku Sriyatin.

Beruntung sebelum api benar-benar runyam, dua unit pasukan Damkar Kota Madiun bersama dua unit Tangki Supply milik BPBD setempat tiba di lokasi kejadian. 

Baca juga: Klasemen Pekan Pertama Liga Inggris, Tottenham Ditahan Imbang, Chelsea di Dasar dan MU, Liverpool, City Oke !

Petugas Damkar langsung beraksi membungkam keganasan kobar api. Setelah melakukan pembasahan di area yang masih aman, dilanjut 'menggempur' titik inti api hingga si jago merah pun 'keok'. 

Sebagai antisipasi, petugas Damkar terus melakukan pembasahan, untuk memastikan tidak terjadi percik api yang berpotensi menggila kembali. 

"Api berhasil kami padamkan pukul 06.45. Tidak ada korban jiwa maupun terluka. 2 minibus dan 1 pick up serta toko material beserta isinya ikut terbakar," jelas Heru Prasetyo, Subkorsarpras Damkar Kota Madiun. 

Tidak ada laporan mengenai timbulnya korban jiwa maupun terluka dalam insiden kebakaran itu. Kerugian materiil diduga mencapai ratusan juta rupiah. 

Baca juga: Lupa Matikan Api Tungku Kayu Bakar, Rumah Nenek Muslimah Ludes Dimakan Api

Aparat Kepolisian setempat masih melakukan pemeriksaan atas kejadian tersebut. Pemilik toko dan beberapa saksi mata dimintai keterangannya, sebagai bahan penyelidikan. 

Berita Terkini